7 Cara Agar Luka Jahitan Caesar Cepat Kering

agar luka jahitan cepat kering

agar luka jahitan cepat kering

Agar Luka Jahitan Cepat Kering

Masalah utama yang di hadapi ibu pasca caesar adalah bagaimana agar luka jahitan cepat kering dan sembuh, karena jika jahitan tidak kunjung sembuh, aktifitas ibu akan terbatas.

Memang luka jahitan akan cepat sembuh dan kering tapi tidak dengan luka dalamnya, karena pembedahan yang di lakukan saat caesar sangat dalam, yaitu dari kulit sampai ke rahim.

Penyembuhan luka jahit yang di luar biasanya akan kering selama kurang lebih 2 minggu, tergantung dari perawatan yang ibu lakukan, tapi untuk luka dalam biasanya akan memakan waktu 3 bulan.

Berikut Ini adalah 7 Tips Agar Luka Jahitan Cepat Kering

1. Menggunakan Jelly Gamat Gold G

Jelly gamat gold g adalah obat alami yang terbuat dari hewan laut yang bernama gamat atau teripang, obat ini sudah sangat terkenal untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, dan salah satu khasiatnya adalah mempercepat pengeringan luka caesar. Silahkan baca kesaksian sembuh cepat pasca caesar dengan jelly gamat.

2. Menjaga asupan makanan

Makanan yang ibu konsumsi harus mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang yang meliputi, Vitamin C, Vitamin E, Protein tinggi dan makanan yang mengandung kalori tinggi.

Makanan yang mempunyai nutrisi seimbang ini ada dalam jelly gamat gold g, sehingga supaya luka jahitan cepat kering sangat di anjurkan mengkonsumsi jelly gamat gold g. Makanan lainnya yang perlu di konsumsi adalah sayuran hijau, telur dan buah buahan. Baca juga makanan agar luka jahitan cepat kering.

3. Jaga luka jahitan tetap kering dan steril

Memang langkah ini hanya untuk menjaga agar luka luar tidak infeksi sehingga akan mempercepat keringnya luka sayat, tapi sebenarnya berhubungan juga dengan luka dalam. Karena jika luka luar infeksi yang akan terjadi adalah luka dalam ikut infeksi juga.

Ibu akan mendapatkan plester anti air setelah pulang dari perawatan, dan selama 7 hari  pastikan agar plester menutup dengan rapat, setelah plester di copot bersihkan luka secara berkala dengan antiseptic, dan keringkan dengan benar setelah mandi.

4. Lakukan olah raga ringan

Memang setelah operasi ibu akan mengalami rasa sakit, tapi jangan hanya tiduran saja karena hal ini akan memperlama proses penyembuhan luka, sebaiknya segera mungkin ibu lakukan latihan duduk, tidur miring dan setelahnya segera belajar jalan jika memungkinkan.

Lakukan gerakan gerakan ringan untuk memperlancar peredaran darah dan melemaskan sendi sendi ibu, dengan lancarnya peredaran darah maka nutrisi akan mudah tersalurkan oleh darah, sehingga berdampak pada cepatnya proses penyembuhan luka jahitan.

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Cukup disini berarti ibu minimal harus minum 8 liter sehari, usahakan saat bangun dari tidur minum sampai sore perbanyak minum dan kurangi minum di malam hari.

Jangan sepelekan masalah minum air putih ini, karena jika ibu mangabaikannya ibu akan rentan dehidrasi yang berakibat pada lamanya proses pengeringan luka jahitan.

6. Gunakan pakaian yang Longgar dan Nyaman

Pakaian yang ibu kenakan harus yang longgar dan nyaman, agar tidak membebani area perut ibu dengan gesekan dan tekanan yang akan menyebabkan iritasi pada bagian luka, dan usahakan menggunakan pakaian yang bisa di buka atasnya dengan mudah agar tidak repot saat akan menyusui sang bayi.

7. Hindari Stres

Stres akan berdampak kepada banyak hal, terutama kepada daya tahan tubuh ibu. Jika stres daya tahan tubuh ibu akan lemah sehingga asupan nutrisi tidak akan di serap tubuh dengan maksimal sehingga rentan infeksi dan yang pasti keringnya jahitan akan semakin lama.

Usahakan rileks dan enjoy atau nikmati proses penyembuhan ini, lakukan komunikasi dengan suami secara terbuka perihal apapun yang mengganjal di hati ibu, banyak berdoa dan iklaskan semuanya kepada ALLAH SUBHANAAHUATAALA, niatkan ini sebagai ibadah.

Jika ke 7 tips di atas ibu lakukan insya ALLAH akan mempercepat keringnya luka jahitan ibu, dan tidak hanya luka luarnya saja tapi akan mempercepat luka bagian dalamnya juga.

Terutama tips pertama menggunakan Jelly Gamat Gold G karena semua nutrisi yang di butuhkan tubuh terkandung di dalamnya, yang menjadi unggulan adalah kandungan protein tingginya yang akan mempercepat proses meregenerasi sel, sehingga luka jahitan luar dan dalam akan semakin cepat sembuhnya.

Juga jelly gamat gold g ini akan memperlancar ASI juga baik untuk kecerdasan anak karena mengandung Omega 3.

Demikian tips atau cara alami agar luka jahitan cepat kering, dan artikel ini juga sebagai jawaban atas pertanyaan yang sering di ajukan yaitu bagaimana agar luka jahitan cepat kering? semoga bermanfaat.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*