Berapa Lama Operasi Caesar Berlangsung ?

Berapa lama operasi caesar berlangsung

Proses operasi caesar

Berapa Lama Proses Operasi Caesar Berlangsung

Pertanyaan ini yang pasti akan di ajukan oleh ibu yang akan melakukan persalinan dengan cara pembedahan sesar.

Proses operasi caesar berlangsung kurang lebih selama 1 jam, tentu akan berbeda berapa lamanya proses operasi caesar antara ibu dengan ibu lainnya. Ini tergantung dari:

  • Keahlian atau jam terbang dari dokter dan perawat yang melakukan proses operasi tersebut.
  • Ada tidaknya masalah selama proses operasi berlangsung.
  • Hal hal teknis lain yang tidak terduga.

Baik, sekarang ibu sudah tahu jawaban dari pertanyaan berapa jam proses operasi caesar berlangsung, sekarang ibu juga harus tahu apa saja proses yang terjadi selama operasi caesar tersebut.

Yang Wajib Ibu Tahu Sebelum Operasi Caesar

Tidak seperti melahirkan normal, ternyata banyak dari kita yang tidak tahu proses dari melahirkan dengan cara caesar. Mengapa demikian?, karena tidak ada yang bisa masuk ke ruang operasi selain ibu hamil itu sendiri, dan dokter akan melarang jika suami atau kerabat ingin menemani ibu untuk caesar.

Operasi caesar ini dilakukan jika ada masalah medis yang tidak memungkinkan untuk melahirkan normal, walaupun banyak juga ibu yang bisa lahir normal tapi lebih memilih operasi caesar, tentunya dengan alasan tertentu.

Pada umumnya pada usia kehamilan sudah mencapai 38 minggu operasi sesar akan di lakukan dengan mengeluarkan bayi melalui proses pembedahan, bukan melalui alat kelamin.

Sebelum operasi sesar dimulai, ibu akan di bius oleh ahli anastesi dengan pembiusan epidural sehingga area perut ke bawah akan mati rasa. Selama proses operasi caesar, Ibu akan tetap dalam keadaan sadar.

Tapi jika ada kondisi tertentu maka ibu akan mendapatkan pembiusan total. Sehingga selama proses operasi ibu tidak akan sadarkan diri.

Jika pembiusan yang di lakukan adalah epidural dan ibu tetap sadar, tapi ibu tidak akan bisa melihat bagaimana dokter melakukan pembedahan pada perut dan rahim ibu, karena dokter akan memasang tirai pembatas. kalau di perlukan ibu akan di berikan obat penenang.

Baca juga: Persiapan Operasi caesar Yang Wajib Ibu Lakukan

Proses Operasi Caesar

  1. Ibu mulai dibius oleh dokter dan akan merasakan mati rasa pada bagian perut kebawah
  2. Jika pembiuasan sudah berhasil dan ibu sudah tidak merasakan sakit saat di tes maka proses melahirkan caesar akan segera dimulai
  3. Dokter akan mulai menyayat lapisan perut ibu lapis demi lapis sampai ke rahim
  4. Setelah sayatan sampai ke rahim maka air ketuban terlebih dahulu akan di keluarkan dengan cara di sedot
  5. Mencari posisi kepala bayi, biasanya kepala bayi sudah ada di panggul mengarah kebawah, tapi dalam beberapa kasus ada juga yang dalam posisi di samping atau sungsang.
  6. Jika posisi kepala sudah di ketahui, maka dokter akan mengangkat kepala bayi terlebih dahulu, dalam kondisi ini ibu akan merasakan mual akibat dari tekanan tapi tidak akan berlangsung lama.
  7. Kepala dan bahu bayi akan mulai dikeluarkan, dan dokter bedah biasanya akan melakukan manuver dengan membolak-balik posisi bayi agar mudah untuk dikeluarkan.
  8. Jika bagian kepala dan bahu berhasil di keluarkan maka bagian badan ke bawah  juga akan mudah untuk di keluarkan.
  9. Bayi sudah bisa di keluarkan atau dengan kata lain bayi ibu sudah lahir.
  10. Setelah bayi lahir, maka dokter akan memotong tali pusat plasenta dan menjahit luka bekas sayatan. Sampai langkah ini proses operasi caesar selesai. Dan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Setelah Bayi Lahir

Setelah bayi keluar maka perawat akan membersihkan dan mengecek kesehatannya. dan biasanya sebelumnya ibu bisa melihat bayi dan melakukan sentuhan atau istilahnya skin-to-skin dengan bayi.

Kesimpulannya:

  • Proses operasi caesar berlangsung kerang lebih selama 1 jam
  • Selama operasi ibu dalam keadaan sadar tapi tidak dapat melihat proses operasi dan tidak merasakan sakit saat di lakukan pembedahan

Demikian semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke social media di bawah ini.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Comments

  1. Ga masalah berapa lamanya operasi berlangsung, yang saya inginkan cepat sembuhnya setelah operasi.

Speak Your Mind

*