Berhubungan Intim Setelah Operasi Caesar Menurut Islam

Berhubungan intim setelah operasi caesar menurut islam, bagaimana hukumnya?, kapan waktunya?, dan apakah ada cara khusus untuk melakukannya?. Inilah beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh ibu maupun bapak yang akan atau sudah menjalani persalinan dengan cara sesar.

Insya ALLAH akan saya jawab pertanyaan tersebut dengan rinci, beserta dalil yang menunjukan hal tersebut, dan jawaban dari pertanyaan ini juga hasil saya belajar agama islam, karena saya bukan seorang ahli agama, tapi insya ALLAH akan saya berikan referensi atau sumber terpercaya dari mana saya dapatkan jawaban tersebut.

Apa Hukum Berhubungan Intim Setelah Operasi Caesar Menurut Agama Islam?

hubungan intim setelah operasi caesar menurut islam

Hukum berhubungan suami istri pasca caesar sebenarnya sama seperti hukum melahirkan dengan normal, yaitu hukumnya boleh jika ibu sudah melewati masa nifas.

Apa itu nifas dan masa nifas?

  • Nifas adalah keluarnya darah dari kemaluan sehabis ibu melahirkan (rinciannya akan saya tuliskan di keterangan tambahan)
  • Masa nifas adalah waktu dari pertama darah keluar melalui kemaluan setelah persalinan sampai darah berhenti total, Maxsimal 40 hari.
  • Baca juga: Berapa Lama Masa Nifas Setelah Melahirkan Caesar?

Kapan Waktu Yang Tepat Berhubungan Intim Pasca Caesar Menurut Islam?

waktunya adalah setelah masa nifas berakhir, jika darah yang keluar dari kemaluan setelah persalinan caesar berhenti di hari ke 7, begitupan jika berhenti di hari ke 15 atau hari ke 20 bahkan kurang dari 7 hari, berarti ibu sudah berakhir masa nifasnya. Dan ibu sudah halal melakukan hubungan suami istri, tentu sebelumnya ibu harus mandi besar dahulu.

Tapi Ingat!!!

Itu hanya di tinjau dari satu sisi tentang hukum bolehnya berhubungan pasca persalinan menurut islam, tapi ada sisi lainnya yang harus ibu perhatikan, yaitu bagaimana menurut pendapat medis atau dokter?, jangan lupakan juga keadaan ibu, apakah sudah siap atau belum untuk melakukan hubungan suami istri?, apa acuan ibu jika sudah siap berhubungan? dan apa saja faktor yang akan menghambat gairah sex pasca caesar.

Semua pertanyaan dan jawaban sudah saya tuliskan secara detail, silahkan klik kapan boleh berhubungan intim pasca caesar menurut dokter. Wajib baca tulisan tersebut karena disini (artikel yang sedang ibu baca) saya hanya menuliskan pendapat menurut islam, yaitu hukum halal dan haram, boleh dan tidak bolehnya saja.

Adakah Cara Khusus Untuk Berhubungan Intim Pasca Caesar Menurut Islam?

Dalam islam tidak saya dapati cara khusus tersebut, tapi intinya adalah kenyamanan antara suami dan istri dalam melakukan hubungan tersebut. untuk tips nyaman hubungan suami istri pasca caesar sudah saya tuliskan di postingan lalu, silahkan baca Tips nyaman berhubungan intim pasca caesar.

Baik sudah saya tuliskan semuanya, dengan kesimpulan:

  • Hukum berhubungan intim boleh di lakukan setelah masa nifas berakhir, dengan melihat juga dari sisi ilmu medis atau kedokteran,yaitu sekitar 4-6 minggu setelah caesar dan juga kenyamanan ibu.
  • Cara khusus berhubungan intim yang di ajarkan dalam islam tidak di temukan dalilnya, sehingga yang di utamakan adalah kenyamanan ke dua belah pihak (Suami dan Istri).

Sekarang akan saya tuliskan keterangan tambahan dan dalil serta referensinya

Keterangan tambahan:

Nifas, adalah keluarnya darah dari kemaluan setelah ibu melahirkan waktunya maximal 40 hari, artinya jika sebelum 40 hari darah sudah tidak keluar lagi, maka masa nifas berakhir, tapi jika darah masih keluar setelah 40 hari maka masa nifas berakhir di hari ke 40.

Lalu bagaimana hukum darah yang keluar setelah 40 hari?, hukumnya adalah darah istihadhoh sehingga ibu dikatakan telah suci layaknya wanita suci lainnya yang sudah berlaku kewajiban agama, seperti shalat 5 waktu dan juga puasa ramadhan.

Bagaimana kalau setelah 9 hari darah sudah tidak keluar (ibu di nyatakan suci) tapi pas hari ke 15 darah kembali keluar?. Maka hukumnya di kembalikan kepada darah nifas sampai darah sudah tidak keluar lagi atau sudah 40 hari.

Dalilnya:

Menurut Imam Tirmidzi yang menerangkan bahwa ketentuan ini sudah menjadi kesepakatan para ulama. Seperti perkataan beliau –rahimahullah- :

أجمع أهل العلم من الصحابة ، ومن بعدهم على أن النفساء تدع الصلاة أربعين يوما ، إلا أن ترى الطهر قبل ذلك، فتغتسل و تصلي

Para ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tabi’in dan generasi setelah mereka telah sepakat, bahwa wanita yang mengalami nifas, meninggalkan sholat selama 40 hari. Kecuali apabila ia mendapati dirinya suci sebelum waktu itu, maka dia mandi kemudian sholat. (Hasyiah Raudhah Al Murbi’ 1/403).

Hal ini berdasarkan hadis dari Ummu Salamah radhiyallahu’anha, beliau pernah menceritakan,

كانت النفساء تقعد على عهد النبي صلى الله عليه وسلم أربعين يومًا

“Para wanita yang mengalami nifas di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam, duduk (libur sholat) selama 40 hari. ” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Pengecualian:

Jika setelah 40 hari darah nifas masih keluar dan di hari ke 41 adalah jadwal ibu menstruasi maka hukumnya ibu sebagai wanita yang sedang haid, dan di larang shalat serta ibadah puasa dan memegang mushaf AL-QURAN sampai waktu haid ibu berakhir.

Sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Abdulaziz bin Baz rahimahullah dalam fatwa beliau,

لكن إن وافق الدم بعد الأربعين عادتها في الحيض فإنها تدع الصلاة والصوم وتعتبره حيضاً.

Bila darah nifas yang keluar melebihi 40 hari tersebut bertepatan dengan jadwal haidnya, maka dia tetap meninggalkan sholat dan puasa. Dia dihukumi sebagai wanita yang mengalami haid.

(Majmu’ Fatawa Wamaqalat Al Islamiyah 15/199).

Referensi:

konsultasisyariah.com

Artikel Liannya: Cara Mengecilkan Perut Besar Setelah Operasi Caesar

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Comments

  1. Glen Hilyard says:

    Alhamdulilan….saya muallaf, ternyata ajaran islam ini sangat detail, mencakup semua hal dari hal sepele sampai hal besar, dari masuk kamar mandi sampai berhubungan intim ada aturannya. Jazakillahukhairan..

Speak Your Mind

*