Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete, Apa Tidak Berbahaya?

Bolehkah Ibu hamil makan pete?, pertanyaan ini kerap di tanyakan karena banyak dari mereka meyakini kalau makan petai nanti ketubannya bau, apakah benar demikian dan apakah ada bahayanya makan pete bagi ibu hamil atau malahan bermanfaat, insya ALLAH dalam postingan kali ini akan saya bahas tuntas tentang pete untuk ibu hamil.

Wajar jika ibu menanyakan tentang semua hal yang berkaitan dengan kesehatan janin, terutama masalah asupan makanan ke dalam tubuh, karena asupan makanan atau nutrisi kedalam tubuh saat hamil akan berdampak kepada tumbuh kembang anak baik saat di dalam kandungan maupun nanti setelah kelahiran.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete?

Bolehkah ibu hamil makan pete

Bolehkah ibu hamil makan pete

Jawabannya boleh, karena sampai saat ini tidak ada penelitian yang mengungkap tentang efek dari makan pete untuk ibu hamil. Pernyataan ini di tuliskan oleh dr. Rievia Bahasoean dari alodokter, dan ternyata pete ini sebenarnya baik untuk di konsumsi jika tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Beliau melanjutkan bahwa pete mengandung zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh saat hamil, dan berikut ini adalah manfaat pete untuk ibu hamil yang perlu untuk di ketahui.

Manfaat Pete Untuk Ibu Hamil

  • Meningkatkan nafsu makan karena mengandung asam Djenkolic
  • Manfaat petai untuk ibu hamil adalah dapat mencegah stres, seperti kita tahu stres akan berdampak negatif kepada ibu hamil dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Zat di dalam pete yang berperan mencegah stres adalah tripopan, fungsi dari tripopan yaitu untuk menjaga keseimbangan hormon.
  • Manfaat pete bagi ibu hamil dapat mengatasi sembelit, karena kaya akan serat. Sembelit ini akan membuat ibu hamil susah Buang Air Besar (BAB).
  • Bagi ibu hamil yang memiliki sakit maag, konsumsi pete dalam jumlah yang wajar akan dapat meredakan maag secara alami.
  • Makan pete saat hamil bermanfaat untuk mengatasi perut kembung.
  • Zat besi yang ada di dalam pete mampu mengatasi anemia, ini penting sekali karena anemia bisa menghambat tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.
  • Manfaat pete bagi ibu hamil dapat mengatasi darah tinggi karena mengandung Kalium yang berfungsi untuk meredakan darah tinggi.
  • Bumil makan pete bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang mata dan bayi di dalam kandungan, karena petai mengandung omega 3.

Bahaya atau Efek Samping Pete Untuk Ibu Hamil

Seperti saya tuliskan di atas, jika ibu mengkonsumsi petai dalam batas normal, maka akan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan juga janin yang sedang ibu kandung. Tapi jika ibu makan pete dalam jumlah berlebih saat hamil maka akan timbul bahaya atau efek sampingnya.

Dalam masalah efek samping atau bahaya pete ini tidak hanya di tujukan bagi ibu hamil, tapi juga untuk semua orang, baik hamil maupun tidak hamil, baik wanita maupun pria.

Bahaya mengkonsumsi pete secara berlebihan :

  1. Bisa menyebabkan sakit perut
    petai kebanyakan di makan dengan keadaan mentah, ini menjadi masalah karena kemungkinan besar petai yang mentah di dalamnya ada ulat dan bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pada lambung atau perut ibu hamil. Jika ingin makan petai saat hamil alangkah baiknya di rebus, di bakar atau di goreng terlebih dahulu.
  2. Penyebab Kembung dan pada perut timbul sensasi tersengat
    Ini semua karena kandungan karbohidrat kompleks yang akan membentuk gas di perut, sehingga efek yang di timbulkan berupa sensasi tersengat dan kembung.
  3. Bisa menyebabkan gagal ginjal nyeri spasmodik dan obstruksi kemih
    Memang petai dapat meningkatkan selera makan kita, karena mengandung asam djenkolic. Tapi kandungan lainnya yaitu asam amino, yang mana asam amino ini di dalamnya terdapat zat sulfur yang sedikit beracun, jika di konsumsi berlebih akan berakibat kepada gagal ginjal, nyeri spasmodik dan obstruksi kemih.
  4. Bisa meningkatkan kadar asam urat (sakit asam urat)
    Zat purin yang terdapat pada makanan akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah, ternyata kandungan purin dalam petai termasuk kedalam sedang dan tinggi, jelas sekali inilah penyebab mengapa setelah makan petai asam urat bisa kambuh.
  5. Penyebab sakit kepala
    Petai juga di percaya bisa menyebabkan sakit kepala jika di konsumsi secara berlebihan.
  6. Penyebab rematik
    Selain sakit kepala rematik juga merupakan efek dari memakan petai secara berlebih.

Baik, semua sudah saya jabarkan, dan kesimpulannya adalah:

  • Ibu hamil boleh makan pete dengan syarat:
  1. Makan pete dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan
  2. Pete yang di makan dalam keadaan matang atau di masak.
  • Pete mempunyai bahaya atau efek samping jika di konsumsi secara berlebih atau di atas normal.
  • Makan pete dalam keadaan mentah bisa menyebabkan sakit perut, karena kemungkinan besar ada bakteri dan ulatnya.
  • Bahaya pete yang saya tuliskan di atas berlaku tidak hanya untuk ibu hamil saja tapi juga untuk semua orang.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai

Sudah banyak di ketahui kalau pete mempunyai aroma yang khas dan menyengat di mulut orang yang memakannya, dan ini menjadi salah satu efek samping dari pete yang tidak berbahaya tapi akan mengurangi kepercayaan diri , Berikut sedikit tips untuk menghilangkan bau petai di mulut.

  1. Makan mentimun atau timun, Sesaat setelah selesai makan segeralah konsumsi buah karena timun mampu untuk menetralisir bau petai di mulut kita.
  2. Gunakan pembersih mulut, seperti listerine atau betadin kumur, segera setelah makan petai berkumurlah menggunakan obat kumur secara baik dan benar. Niscaya bau petai akan hilang dan di gantikan dengan bau yang fresh.

Demikian yang bisa saya tuliskan, jikan nanti ada penemuan atau penelitian terbaru tentang petai untuk ibu hamil, maka artikel ini akan saya update, Terimakasih, semoga bermanfaat dan membantu.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*