Buah Setelah Caesar Yang Bahaya Jika di Konsumsi dan Yang di Anjurkan

buah pasca caesar

buah pasca caesar

Memakan buah-buahan setelah caesar memang sangat bermanfaat untuk ibu guna mempercepat pemulihan pasca caesar, tapi ada beberapa buah setelah caesar yang sebaiknya di hindari terlebih dahulu oleh ibu, karena bisa menimbulkan gas.

Dan hal ini bisa berbahaya untuk ibu pasca caesar. Dalam postingan ini akan saya tuliskan apa saja buah-buahan yang baik untuk di konsumsi dan buah yang sebaiknya di hindari oleh ibu pasca caesar, di sertai alasannya.

Baca juga:

Buah Setelah Caesar Yang Aman dan Dianjurkan Untuk Di Konsumsi

Daftar Isi Buah Setelah Caesar Yg Baik Untuk di Konsumsi: (klik untuk menutup dan membuka)

Buah Tomat

Kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin K, fosfor, kalsium,lycopene dan kalsium dalam bauh tomat terbukti mampu mempercepat mengatasi luka, baik luka sayat maupun luka bakar. jadi jika ibu bisa konsumsi tomat secara teratur, bisa di buat jus tomat atau sebagai lalapan.

Buah Kedongdong

Buah kedondong identik dengan buah untuk di rujak karena rasanya yang asam, di balik rasa asamnya ternyata dalam 1 buah kedondong mengandung protein 1 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 10,3 gr, kalsium 15 mg, fosfor 22 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 233 IU, vitamin B1 0,08 mg, vitamin C 30 mg yang mana kandungan tersebut bisa membantu mengeringkan luka secara caesar alami.

Buah Delima

Ada 2 zat yang unik dalam kandungan buah delima yang bermanfaat untuk kesehatan dan bersifat sebagai obat. Zat yang pertama bernama Punicalagin, Punicalagin adalah antioksidan yang sangat kuat, antioksidan ini akan membuang radikal bebas di dalam tubuh.

Zat kedua bernama Asam Punicic, yang juga lebih dikenal dengan minyak biji delima, ini merupakan asam lemak utama di arils. yaitu sejenis conjugated linoleic acid dengan efek biologis yang ampuh. Minumlah jus delima secara teratur karena mengandung antioksidan 3 kali lebih besar dari anggur merah dan teh hijau, yang mana ini sangat baik untuk kesehatan terutama ibu pasca caesar.

Buah Manggis

Buah yang mempunyai rasa sencasional karena memadukan asam dan manis, kandungan dari manggis ini sangat kaya akan antioxidan, antibakteri dan juga anti jamur. Selain baik untuk kesehatan buah manggis juga biasa di pakai sebagai anti aging alami, mengatasi alergi maupun infeksi. Sangan cocok untuk membantu proses pemulihan luka pasca operasi caesar.

Buah Blueberry

Kandungan vitamin K dan anti okxidan  yang tinggi dalam buah blueberry sangat baik dalam mempercepat penyembuhan luka sayat operasi caesar secara alami. Selain itu sangat baik dalam mengatasi berbagai jenis luka lainnya seperti luka bakar, selain itu blueberry juga sangat baik untuk mengatasi masalah pada sendi dan tulang.

Buah Kiwi

Kandungan Vitamin C-nya dua kali lebih banyak dari pada jeruk, dan jauh lebih banyak juga di bandingkan dengan buah apel. Kiwi merupakan sumber vitamin yang alami dan tinggi, memiliki keseimbangan mineral yang sempurna, mengandung antioksidan, dan sarat phytonutrients yang baik bagi kesehatan seperti polyphenols (antioksidan), enzim (untuk pencernaan), dan karotenoids (untuk kesehatan mata).

Buah Jeruk

Buah ini sudah terkenal dengan vitamin C nya, dan ini juga merupakan buah yang baik untuk di konsumsi ibu pasca caesar, karena bermanfaat dan mudah untuk di dapatkan, juga harganya yang terbilang murah dan yang pasti ibu pasti suka dengan buah jeruk ini.

Buah Pepaya

Pepaya memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, C, K, dan beta-karoten. Enzim pencernaan yang disebut papain di dalam pepaya bisa untuk memperlancar BAB ibu pasca caesar, manfaat lainnya dapat juga untuk membantu menyembuhkan alergi dan luka sayat bekas operasi.

Buah Semangka

Salah satu buah yang kaya akan vitamin adalah semangka. Buah yang berbiji banyak ini juga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap dan banyak. Seperti vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan dan asam amino. Bahkan ada jumlah potasium yang sederhana. Buah ini baik sekali untuk ibu pasca caesar.

Buah Pasca Caesar Yang Bahaya Jika di Konsumsi Berlebihan

Pasti ibu sudah paham semua yang berlebihan itu tidak baik, tapi dalam hal buah pasca caesar ini tidak bisa di ukur berapa ukuran yang di katakan normal dan berapa banyaknya yang di katakan berlebihan, jenis buah ini adalah:

Buah Durian

Buah yang sangat populer di indonesia ini memang enak karena bau dan rasanya yang khas, tapi siapa sangka buah durian jika di konsumsi bisa membuat gas di dalam perut. Lalu apa bahayanya gas di dalam perut bu tersebut?.

Seperti kita ketahui, pasca operasi caesar berkaitan erat dengan rahim dan perut ibu, gas yang ada di dalam alat pencernaan bisa menyebabkan kembung, perut merasa begah dan terasa tidak nyaman.

Buah Nangka

Sama seperti durian, buah nangka ini akan memproduksi gas secara berlebih pada alat pencernaan, sehingga bisa menyebabkan perut begah atau penuh, kembung dan pasti akan tidak nyaman.

Selain buah-buahan seperti di atas, ada juga sayuran dan lalapan yang sebaiknya ibu hindari pasca caesar, seperti kol atau kubis, kembang kol, lobak, tape dan jamur, karena sayuran tersebut sama seperti buah pasca caesar di atas yang akan memproduksi gas secara berlebih pada lambung. Tapi memang intensitasnya tidak seperti durian dan nagka.

Memang beberapa dokter membolehkan untik konsumsi buah durian dan nagka tersebut, tapi jangan berlebihan dan seperti saya tuliskan di awal, untuk kadar banyak tidaknya relatif antar individu, ada yang hanya memakan 1 biji durian sudah terasa begah ada yang 3 biji tidak merasakan apa apa.

Untuk itu, jika ibu akan memakan buah tersebut ibu sendiri yang tahu ukuran seberapa banyak yang aman untuk di konsumsi, tapi kalau bisa, sebaiknya hindari dahulu buah dan sayuran tersebut sampai ibu benar benar sudah sembuh.

Demikian artikel kali ini tentang buah pasca caesar yang boleh dan baik untuk di konsumsi dan buah pasca caesar yang sebaiknya di hindari, semoga bermanfaat.

Sumber: Firstcry Parenthing
About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*