Cara BAB Pasca Operasi Caesar, Jongkok atau Duduk ?

Cara BAB pasca operasi caesar sering di permasalahkan, apakah bisa dengan toilet model jongkok atau harus dengan toilet model duduk? Berikut pembahasannya.

cara bab pasca operasi caesar

Cara BAB Pasca Operasi Caesar

Secara alami BAB (Buang Air Besar) lebih baik dengan cara jongkok, karena dengan berjongkok kotoran atau feses mudah untuk di keluarkan, dan ini juga sesuai dengan ajaran Islam.

Tapi masalahnya, bagaimana jika ibu adalah orang yang baru melakukan persalinan dengan cara caesar, sedangkan untuk berjalan saja sulit apalagi harus berjongkok. Apakah alasan ini masuk akal?

Ternyata faktanya berjongkok pasca caesar itu di perbolehkan asalkan memperhatikan syarat-syaratnya, silahkan ibu baca terlebih dahulu penjelasan tentang pasca operasi caesar boleh jongkok, di artikel tersebut sudah saya jelaskan bagaimana syarat dan caranya, juga bagaimana cara latihan jongkok untuk ibu pasca caesar.

Baik, saya harap ibu sudah baca penjelasan saya di artikel tersebut, yang menerangkan bisanya BAB dengan cara jongkok pasca caesar, walaupun memang membutuhkan usaha lebih besar di bandingkan dengan cara duduk.

Jadi kesimpulannya, cara BAB pasca operasi caesar adalah bisa dengan jongkok dan duduk. Tapi jika memungkinkan lebih bagus jongkok.

Walaupun memang kebanyakan ibu lebih memilih yang duduk, tapi sebenarnya menggunakan toilet model duduk juga bisa di buat seperti berjongkok. Caranya yaitu dengan dengan menaruh benda di bawah toilet duduk, misalnya dingklik atau tempat duduk anak yang kecil sebagai tumpuan kaki agar lebih tinggi, sehingga posisinya seperti sedang jongkok. Seperti contoh gambar di atas.

Alat untuk tambahan pijakan kaki pada WC duduk sudah banyak di jual di pasaran.

Tips Agar BAB Menjadi Mudah dan Nyaman

Sekarang terkait dengan BAB itu sendiri, selain masalah berjongkok, ada masalah lainnya yang tidak kalah penting, yaitu bagaimana ibu pasca caesar agar bisa BAB dengan lancar dan bahkan tidak harus mengejan.

Seperti yang sudah umum di ketahui, pasca caesar tidak di perbolehkan mengejan dengan kuat, karena akan mempengaruhi luka jahitan pada perut. Berikut ini akan saya tuliskan bagaimana cara agar BAB bisa lancar dan mudah.

  1. Latihan berjalan
    Jalan kaki yang ringan dapat memicu aktivitas otot perut sehingga akan mempermudah BAB
  2. Minum obat pencahar
    Obat pencahar ini sebaiknya di gunakan pada awal pasca operasi caesar, tapi jika sewaktu waktu dibutuhkan bisa juga di gunakan. Penggunaan obat pencahar (laksatif) bertujuan untuk melunakan feses, Pilihlah obat pencahar yang aman untuk ibu menyusui seperti Dokusat, ada baiknya ibu konsultasikan dengan dokter kandungan tentang obat pencahar ini.
  3. Minum air putih yang cukup
    Dengan minum yang banyak atau cukup 2 liter perhari menjadikannya sebagai pencahar alami.
  4. Konsumsi makanan kaya serat
    Makanan kaya serat umumnya ada pada sayuran hijau, buah buahan seperti anggur, apel dan pepaya juga makanlah oat karena mengandung serat tinggi, sama seperti air putih makanan berserat ini akan menjadi pencahar alami.
  5. Jangan menunda untuk BAB
    Kebiasaan buruk ini jangan di lakukan, karena akan membuat feses menjadi keras dan berdampak kepada anggota tubuh lainnya, jika ada rangsangan ingin BAB segeralah menuju toilet.
  6. Berjongkok
    Ternyata BAB dengan berjongkok sangat di anjurkan, baik menurut medis maupun menurut Agama Islam, karena dengan BAB jongkok maka kotoran mudah untuk keluar. Tentu untuk ibu pasca caesar jika belum bisa jongkok sebaiknya gunakan toilet duduk dengan menggunakan pijakan kaki.
  7. Relaks saat BAB
    Relaks saat BAB akan meningkatkan refleks BAB. Cara untuk memancing keluarnya feses dengan menyalakan keran air, suara air ini bagi sebagian orang membantu refleks BAB sehingga mudah keluar.
  8. Lakukan nafas Panting
    Nafas panting adalah dengan menghembuskan napas pendek pendek layaknya sedang meniup, hal ini akan memancing kotoran untuk mudah keluar.

Info terbaru:

Cara Mengatasi Sulit BAB Dengan Mengunyah Permen Karet

Setelah operasi caesar 1 dari 5 ibu di diagnosa mengalami penyumbatan usus atau Ileus, penyumbatan ini akan menyebabkan sistem pencernaan melambat secara drastis, hal ini membuat ibu akan merasakan keram perut, kembung, mual dan tidak enak badan. Tersumbatnya usus ini di karenakan radang akibat dari pembedahan perut selama caesar.

Sebenarnya penangananya cukup mudah, yaitu dengan berjalan ringan atau memakan sesuatu segera setelah selesai operasi, ini akan meredakan gejala yang timbul. Sayangnya karena badan yang lemas, tidak enak badan dan mual akibat dari operasi membuat ibu malas untuk melakukan anjuran pencegahan tersebut.

Kabar baiknya, baru-baru ini ada studi yang di lakukan oleh Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia, Amerika Serikat yang menemukan solusi sangat sederhana dalam mengatasi susah BAB pasca melahirkan caesar, yaitu dengan cara mengunyah permen karet.

Apa alasan mengunyah permen karet dapat mengatasi susah BAB?, Dijelaskan karena kegiatan mengunyah permen karet dapat memanipulasi tubuh supaya berfikir kalau ibu sedang makan dengan menyerupai prosesnya seperti benar sedang makan.

Proses mengunyah tanpa di sertai menelan makanan tetap bisa membuat air liur mengalir di dalam mulut, ini akan mengirimkan sinyal kepada usus bahwa ada makanan yang datang, sehingga usus akan siap untuk bergerak kembali.

Peneliti dari amerika ini sudah mengamati sebanyak 17 studi berbeda dengan melibatkan 3 ribu lebih wanita. Dan rata rata partisipan wanita yang mengunyah permen karet selama 30 menit setelah 2 jam keluar dari ruang operasi bisa buang angin setelah 23 jam, dan wanita yang tidak mengunyah permen karet akan buang angin setelah 30 jam.

Berapa Frekuensi Mengunyah Permen Karet Supaya BAB Bisa Lancar Pasca Caesar?

Jika ibu ingin mencoba trik ini, silahkan kunyah permen karet setelah 2 jam ibu keluar dari ruang operasi selama 30 menit, lakukan selama 3 kali sehari dan terus lakukan sampai ada tanda tanda ingin buang angin.

Kentut atau buang angin ini merupakan tanda kalau usus ibu sudah berfungsi dengan normal, yang berarti ini sinyal bahwa tidak ada lagi sumbatan pada usus. Jika tidak bisa buang angin maka kebalikannya yaitu tanda adanya penyumbatan pada usus.

Selamat mencoba semua trik yang sudah saya tuliskan di atas, semoga berhasil dan tidak ada kendala saat BAB.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Comments

  1. Sesuai dengan pengalaman saya, enakan posisi BAB jongkok, lebih nyaman dan tuntas

Speak Your Mind

*