Cara Cepat Hamil Setelah Haid Yang Tidak Teratur

“Waduh, bagaimana ini kok haid saya tidak teratur yah, mana sudah pengen hamil lagi”, apa iya ada hubungannya antara haid yang tidak teratur dengan susahnya hamil?, kalau iya berhubungan, lalu bagaimana cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur ini?.

Di atas itu adalah beberapa keluhan dan pertanyaan tentang ibu yang haidnya tidak teratur sedangkan Ia menginginkan untuk hamil, bagaimana solusinya, insya ALLAH akan saya bahas dalam artikel ini, simak baik baik karena ini penting untuk ibu yang ingin cepat hamil, kalau ada yang tidak di pahami, silahkan ibu tanyakan pada komentar di bawah postingan ini.

Apakah Ada Hubungan Antara Haid Tidak Teratur Dengan Kehamilan?

cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur

Jawaban dari pertanyaan ini adalah: Iya betul ini ada hubungannya, karena dengan menstruasi yang tidak teratur ibu akan kesulitan mengetahui kapan masa subur yang tepat, Dan untuk kehamilan ini hal yang paling utama adalah mengetahui kapan masa subur yang tepat, karena pada masa subur inilah sel telur akan di lepas dan siap untuk di buahi, jika tidak dalam masa subur maka mustahil ibu akan hamil.

Baca juga: Rahasia Makanan Agar Cepat Hamil

Apa Sih Haid Tidak Teratur Itu?

Pertama yang harus ibu ketahui adalah definisi tentang menstruasi yang tidak teratur. Berikut penjelasannya:

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal adalah, ketika ibu tidak bisa menghitung siklus dan juga tidak bisa menentukan waktu haid di periode selanjutnya. Dengan kata lain, periode menstruasi ibu tidak tetap setiap bulannya, kadang 20 hari, kadang 25 hari bahkan kadang tidak datang sama sekali.

Seorang obgyn asal Regina, Kanada yang bernama George Carson berkata: “hanya ada sekitar 15% wanita yang mengalami siklus mens selama 28 hari.” Lalu lama siklus mens seorang wanita yang normal juga bervariasa yaitu antara 22 hari sampai 35 hari.

Bisa disimpulkan, selama siklus haid ibu berada pada periode 22 – 25 hari dan ini terjadi sama setiap bulannya, maka ibu di katakan mempunyai siklus haid/menstuasi teratur atau normal.

Kondisi Apa Yang Bisa Mempengaruhi Periode Haid?

Beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi periode haid ibu ada beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Mopouse yang menyebabkan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.
  • Menjalani pola hidup tidak sehat, sehingga menyebabkan stress, obesitas dll.
  • Penggunaan alat kontrasepsi Pil KB dan suntik.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Masalah pada tiroid

Haid Tidak Teratur, Apakah Mempengaruhi Keluarnya Sel Telur (Ovulasi)?

Setiap wanita akan melepaskan sel telur untuk di buahi sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya datang, kalau ibu memiliki siklus haid 28 hari, maka ibu akan menegeluarkan sel telur pada hari ke 14, jika ibu siklusnya 32 hari maka akan keluar di hari ke 18.

Nah, yang menjadi masalah jika siklus haid ibu tidak teratur adalah untuk mengidentifikasi kapan tanggal keluarnya sel telur akan sulit. Karena ibu tidak bisa mengetahui kapan waktu akan haid kembali, ibu tidak bisa mengetahui kapan harus menghitung kembali pada 14 hari itu.

Siklus haid yang tidak teratur juga akan cenderung menjadikan ibu Anovulatori atau ibu tidak mengeluarkan sel telur, karena menstruasi yang terjadi pada ibu tidak di sertai dengan pelepasan sel telur.

Masih menurut Carson seorang obygin dari kanada yang mengatakan bahwa wanita yang mengalami anovulatori kemungkinan besar tidak merasakan rasa nyeri yang khas saat haid, seperti kram, dan aliran darah menstruasi bisa terjadi dengan ringan atau berat.

jadi jelas pertanyaan tersebut di jawab dengan bisa, inilah masalah kenapa wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur sulit untuk hamil, untuk itulah penting bagi ibu untuk mengetahui cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur

Bagaimana Cara Cepat Hamil Setelah Haid Yang Tidak Teratur?

Sebenarnya fokus untuk ibu dalam masalah cara cepat hamil setelah haid tidak teratur ini adalah mencari waktu yang tepat saat sel telur yang sudah matang dan siap di buahi keluar atau dengan kata lain mencari masa subur yang terjadi pada ibu, simak caranya berikut:

1. Cara Cepat Hamil Setelah Haid Yang Tidak Teratur Dengan Mengecek Lendir Serviks

Lendir serviks atau bisa juga di sebut lendir vagina bisa menjadi salah satu cara untuk mengenali masa subur, Intinya adalah jika pada masa sedang tidak haid, cairan serviks yang keluar itu lengket dan putih seperti putih telur, maka itulah saat ovulasi, bagaimana cara mengeceknya, silahkan baca postingan Cara mengecek cairan serviks.

2. Cara Cepat Hamil Setelah Haid Yang Tidak Teratur Dengan Mengetahui Suhu Tubuh Basal

Suhu tubuh basal bisa juga di gunakan untuk mengetahui kapan tepatnya masa subur terjadi, cuma memang cara ini sedikit rumit, dan alat yang di gunakan adalah termometer suhu tubuh basal, karena termometer ini bisa melihat perubahan suhu tubuh secara akurat dengan nilai terkecil yaitu 1/100 derajat.

Jika ibu melepaskan sel telur maka tubuh ibu akan memproduksi hormon estrogen dan progresteron, produksi hormon estrogen dan progresteron ini akan meningkatkan suhu tubuh sebanyak setengah derajat Celcius.

Caranya adalah dengan mengecek suhu tubuh ibu setiap pagi menggunakan termometer suhu tubuh basal, dan jika suhu tubuh ibu meningkat itu tandanya sel telur sudah di lepaskan, dan inilah yang saya katakan cara ini sedikit rumit, karena ibu harus melakukan hubungan intim sebelum suhu tubuh naik.

Dan banyak juga wanita dengan siklus teratur yang menggunakan data suhu tubuh ini untuk memprediksi masa subur pada bulan berikutnya.

3. Cara Cepat Hamil Setelah Haid Yang Tidak Teratur Dengan Menggunakan Alat Prediksi Masa Subur

Alat prediksi masa subur ini menggunakan urine untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim agar cepat hamil, karena sebelum terjadinya pelepasan sel telur tubuh ibu akan memproduksi hormon Luteinizing atau LH yang akan menjadi pemicu keluarnya sel telur.

Ini masih menurut Carson ahli Obygin yang mengatakan “Ketika alat menunjukan lonjakan LH yang berupa strip , maka ibu akan melepaskan sel telur pada hari tersebut atau pada hari berikutnya, dan inilah saat yang paling tepat untuk melakukan hubungan intim agar terjadinya kehamilan.”

4. Cara Cepat Hamil Setelah Haid Tidak Teratur Dengan Bantuan dokter

Inilah cara cepat hamil setelah haid tidak teratur yang harus ibu lakukan jika ketiga cara di atas menyulitkan dan tidak berhasil, Konsultasikan kepada dokter perihal keinginan hamil dengan kondisi menstruasi ibu yang tidak teratur.

Dokter akan memeriksa dan mendiagnosis masalah keluar tidaknya sel telur dan akan membantu ibu untuk mengatur kapan waktu terjadinya pelepasan telur dengan menggunakan obat obatan tertentu untuk memperbesar terjadinya pelepasan sel telur, seperti Letrozole atau Clomphene.

Dokter juga akan membantu ibu mencari tanda lainnya mengapa sulit untuk hamil seperti jika ternyata ibu mengalami masalah dengan kesuburan, masalah pada alat reproduksi dan dokter akan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Konsultasi Dengan Dokter Tentang Cara Cepat Hamil  Mahal, Ini Solusinya!

Mungkin untuk konsultasi dan melakukan terapi supaya cepat hamil dengan dokter akan memakan biaya yang tidak sedikit, dan kabar baiknya, ada dokter yang menerbitkan buka cara cepat hamil secara lengkap dan detail.

Dan yang paling fenomenal, dokter ini menyediakan konsultasi tentang cara cepat hamil gratis tanpa biaya tambahan jika ibu membeli buku tersebut, untuk mengetahui informasinya, silahkan ibu klik Buku Cara Cepat Hamil Gratis konsultasi.

Referensi: hverywellfamily.com

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*