Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Setelah Operasi Caesar ?

hamil setelah operasi caesar

Waduh…saya hamil lagi padahal belum 1 tahun saya operasi caesar..!!!, nanti bermasalah tidak yah dengan kehamilan saya?.

Kejadian di atas Jangan sampai terjadi kepada ibu, karena jika ibu hamil setelah operasi caesar tidak sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, akan mempengaruhi kehamilan dan bayi yang di kandungnya.

Dalam pembahasan sekarang, akan saya bahas semua tentang kapan ibu boleh hamil lagi pasca caesar?, apa dampaknya jika hamil sebelum waktu yang di bolehkan? dan tips agar cepat hamil pasca operasi caesar.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Setelah Operasi Caesar?

Pendapat yang paling tepat yang pendapat ini juga di cetuskan oleh Baby Center adalah 18-24 bulan pasca melahirkan secara caesar. Pendapat ini juga di perkuat oleh penelitian yang mengidentifikasi bahwa: Jika wanita hamil lagi dan waktunya kurang dari enam bulan setelah operasi caesar, maka akan memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi.

Komplikasi yang di maksud adalah: Terjadinya keguguran, bayi akan lahir lebih cepat atau prematur, ataupun berat badan bayi yang tidak ideal atau rendah. Hal ini bisa terjadi karena ibu yang melahirkan dengan cara caesar mempunyai resiko kehilangan darah 2 kali lebih banyak dari ibu yang melahirkan normal.

Dan yang menjadi perhatian juga adalah karena waktu pemulihan pasca caesar akan memakan waktu yang tidak sebentar di bandingkan dengan yang melahirkan secara normal.

Pasca caesar ibu harus merawat jahitan secara baik dan benar agar tidak terjadi infeksi, juga harus memakan makanan yang bernutrisi agar energi yang di keluarkan saat caesar kembali seperti semula Juga ibu harus membatasi aktifitas fisik, semua hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan pasca caesar.

Bisa ibu bayangkan bagaimana di saat ibu memerlukan tenaga dan fikiran untuk proses penyembuhan pasca caesar, harus di bebani lagi dengan kehamilan. Inilah sebabnya kenapa butuh waktu yang tepat untuk hamil lagi pasca caesar.

Dan untuk waktu yang tepat untuk hamil pasca caesar sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter, karena waktu yang di kemukakan di atas merupakan waktu pada umumnya. Dan kondisi sesungguhnya adalah harus melalui pemeriksaan dokter.

Resiko Jika Jarak Hamil Setelah Operasi Caesar Waktunya Terlalu Cepat

Pertanyaan lanjutan adalah: Apa resikonya jika ibu hamil lagi pasca operasi caesar, padahal jarak waktunya belum sesuai dengan yang di anjurkan yaitu 18-24 bulan? Seperti kekhawatiran ibu yang belum 1 tahun sudah hamil lagi, di awal paragraf.

Sebagian resiko sudah di tulis di atas, yaitu keguguran, bayi lahir prematur dan berat badan bayi yang kurang, dan berikut ini adalah resiko lainnya yang kemungkinan akan ibu hadapi:

  1. Ruptur uteri, Robeknya dan terbukanya kembali luka jahitan pasca operasi caesar, ini terjadi karena luka pada rahim belum 100 persen pulih, sehingga saat terjadi kehamilan luka tersebut akan terbuka kembali.
  2. Abrupsio plasenta, Ini merupakan plasenta yang terpisah dari dinding rahim baik sebagian ataupun seluruh plasenta. Resiko yang akan di hadapi adalah pendarahan hebat saat kehamilan.
  3. Plasenta previa, Ini adalah plasenta yang menempel di dinding rahim pada bagian bawah hal ini akan menutup mulut rahim seluruhnya atau sebagiannya saja ini berarti menutup jalan lahir bayi.

Untuk menghindari risiko seperti yang saya tuliskan di atas, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mencari tahu kapan waktu terbaik untuk ibu agar dapat hamil lagi setelah caesar.

Oiya.. ada kabar menarik terkait penyembuhan pasca caesar, yaitu pengalaman ibu yang bisa sembuh cepat dari waktu normal, silahkan praktekan caranya, klik pengalaman sembuh cepat pasca caesar.

Tips Cepat Hamil Pasca Operasi Caesar

Setelah ibu melewati semua masa pemulihan pasca caesar, dan dokter sudah mempersilahkan ibu untuk kembali hamil, maka di perlukan juga tips agar cepat hamil, tapi bukan sembarang hamil tapi kehamilan yang sehat yang akan membuahkan bayi normal yang sehat.

  1. Perhatikan asupan makanan yang ibu konsumsi, usahakan memenuhi standar energi dan gizi yang di butuhkan tubuh, silahkan ibu baca juga tentang Makanan Pasca Operasi Caesar.
  2. Hindari stres, usahakan rileks, berserah diri atau TAWAKAL kepada ALLAH SWT adalah obat yang paling mujarab menghindari stres. Karena stres pemicunya adalah terlalu memikirkan masalah yang sepertinya tidak ada jalan keluarnya. Dengan berusaha memecahkan masalah tersebut dan tawakal maka stres akan menjauh dari ibu.
  3. Olahraga secara teratur, usahakan bukan kuantitas atau lamanya ibu olahraga tapi walaupun sedikit asalkan rutin. Dengan olahraga selain menghindari stres juga akan memperkuat daya tahan tubuh, yang berdampak pada mudahnya ibu untuk hamil kembali.
  4. Kenali siklus menstruasi agar ibu dapat mengenali kapan masa suburnya. Mengetahui kapan masa subur akan membantu ibu dalam menyiapkan kehamilan yang lebih terencana. Untuk mengetahui masa subur silahkan baca cara mengetahui masa subur.
  5. Nikmati hubungan badan dengan suami, rilek, niatkan ibadah dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan hubungan badan.
  6. Jaga pola hidup sehat, inilah initinya karena dengan pola hidup sehat peluang kehamilan menjadi besar dan bayi yang akan di kandungpun akan mendapatkan nutrisi yang cukup, serta emosi ibu akan terkontrol, dan emosi selama kehamilan ini juga akan mempengaruhi fisiologis bayi yang di kandung.

Kesimpulannya:

Kesimpulan dari hamil setelah operasi caesar adalah mengacu pada jarak setelah operasi caesar sampai benar benar pulih keseluruhannya, terutama sobekan pada rahim dan perut.

Jarak waktu tersebut pada umumnya tercapai setelah 18-24 bulan, dan untuk keakuratan sebaiknya ibu periksa ke dokter spesialis kandungan.

Sebelum waktu bolehnya hamil kembali pasca caesar, ibu boleh berhubungan dengan menggunakan alat kontrasepsi, alat kontrasepsi yang paling di rekomendasikan adalah kondom. Silahkan baca juga: Pasca Caesar Kapan Boleh Berhubungan?

Lakukan pola hidup sehat untuk kembali hamil dengan cepat, hal ini tidak saja akan membuat ibu sehat dan mudah hamil tapi juga berpengaruh pada kesehatan dan emosi anak yang akan ibu kandung.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*