Jahitan Melahirkan Caesar Terbuka, lakukan Hal ini Untuk Mengatasinya!!

Jahitan melahirkan caesar terbuka | Pasca persalinan caesar yang paling utama adalah bagaimana proses penyembuhan luka sayat cepat kering, dan pengeringan luka ini tidak hanya pada jahitan terluarnya saja, tapi mencakup keseluruhan luka sayat sampai ke lapisan luar rahim.

Dengan perawatan pasca caesar yang baik dan benar dalam waktu kurang lebih 3 bulan insya ALLAH jahitan pada luka sayat akan sembuh total. Tapi masalahnya banyak ibu yang salah dalam melakukan proses pemulihan pasca caesar ini sehingga menyebabkan jahitan pasca melahirkan caesar terbuka.

Apakah jahitan yang terbuka ini berbahaya dan bagaimana cara untuk mengatasinya?, dalam artikel ini akan saya jelaskan semuanya dari mengapa luka operasi caesar berlubang?,  apa tanda jahitan caesar sudah sembuh dan kapan luka operasi caesar sembuh total?. Baik saya mulai.

Apakah Jahitan Melahirkan Caesar Terbuka atau Berlubang Berbahaya?

jahitan melahirkan caesar terbuka

Untuk pertanyaan bahaya tidaknya jahitan pasca caesar yang terbuka dan berlubang, ini membutuhkan pemeriksaan lebih mendalam dari dokter spesialis Obstetri dan ginekologi. dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara detail, dengan USG, pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sample cairan dari luka jahitan caesar yang akan di lakukan pemeriksaan dengan cara mikroskopik.

Percayakan semua proses penganan luka jahitan terbuka ini kepada dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi karena dengan penanganan yang tepat setelah pemeriksaan biasanya tidak akan membahayakan kesehatan ibu.

Jangan terlalu stres dan berfikiran negatif, perbanyaklah istigfar dan berdoa kepada ALLAH SUBHANAHUATAALA untuk kesembuhan ibu, niscaya inilah yang akan menenangkan dan akan membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Pertannyaan selanjutnya, Mengapa jahitan melahirkan caesar bisa terbuka dan menimbulkan lubang? dan juga bagaimana cara mencegahnya.

Penyebab Jahitan Melahirkan Caesar Terbuka dan Cara Mencegahnya

  1. Adanya infeksi pada luka sayatan atau luka jahitan yang di sebabkan karena perawatan pada masa pemulihan yang tidak tepat, untuk mencegahnya silahkan baca artikel Pemulihan Pasca Operasi Caesar Jadi Lama Karena Hal Sepele yg di Remehkan
  2. Tidak seimbangnya asupan nutrisi pada masa pemulihan, apa saja nutrisi yang harus ibu penuhi agar tidak terjadi terbukanya jahitan pasca operasi caesar silahkan baca: 5 Makanan Pasca Operasi Caesar Sebagai Penyembuh & Pencegah Infeksi Pada Luka
  3. Karena ibu mempunyai riwayat penyakit Diabetes, penyakit ini memang akan membuat luka sulit untuk kering, dengan perawatan yang benar insya ALLAH bisa membuat luka cepat mengering, jadi ibu jangan berputus asa walalupun ibu mempunyai riwayat diabetes.
  4. Karena melakukan aktifitas berat yang membebani area perut ibu, seperti mengangkat beban dalam posisi yang salah dan tidak ergonomis, berolahraga tanpa memperhatikan kondisi perut ibu, lakukanlah semuanya dengan ringan dan jangan terlalu memaksakan jika tidak ingin jahitan terbuka pasca caesar.
  5. Karena aktifitas mengejan yang kuat, ini biasannya terjadi jika ibu sembelit dan melakukan BAB (Buang Air Besar), untukmenghindari cegahlah jangan sampai ibu sembelit dengan mengkonsumsi buah buahan yang di anjurkan pasca caesar. baca: Buah Setelah Caesar yang Di Anjurkan.
  6. Karena batuk yang terjadi secara terus menerus, jika batuk terjadi lagkah awal minumlah air putih yang banyak, minum madu dengan campuran lemon, jika batuk tidak reda baru ibu minum obat batuk yang tanpa campuran (demam dan flu) jika belum reda juga maka segera hubungi dokter untuk penanganan yang tepat.
  7. Ibu melakukanpersalinan normal setelah sebelumnya ibu melakukan persalinan caesar, untuk kasus ini sebaiknya ibu jujur kepada dokter tentang kondisi ibu, seperti bagaimana keadaan perut ibu saat ini, dan likuti semua saran dokter walaupun jika dokter mengatakan ibu harus operasi caesar lagi, Ini semua demi kesehatan dan nyawa ibu juga janin yang ibu kandung.

Pertanyaan lanjutan, bagaimana ibu tahu kalau jahitan setelah melahirkan caesar terbuka?, apakah setelah ibu melihat luka operasi caesar berlubang?, tidak harus seperti itu, karena jahitan pasca caesar terbuka sebelumnya di mulai dengan tanda-tanda.

Tanda Luka Jahitan Pasca Caesar Terbuka

  • Adanya rasa nyeri pada area luka jahitan
    Rasa nyeri yang tidak normal, ini terjadi secara tiba tiba bisa saat ibu sedang melakukan aktifitas fisik maupun sedang dalam keadaan diam. Nyeri yang di rasakan biasanya rasa perih dan rasa sakit yang luar biasa, tapi karena memang setiap ibu pasca persalinan dengan operasi caesar akan akan merasakan nyeri pada daerah perut untuk waktu yang lama, Maka ibu yang tahu perbedaan nyeri tersebut apakah normal atau tidak.
  • Peradangan disekitar area jahitan yang berulang
    pada awal pasca caesar, radang yang terjadi pada daerah luka jahit adalah hal yang biasa dan wajar karena ini akibat dari sayatan yang di buat saat persalinan caesar. Yang jadi tanda luka jahitan melahirkan caesar adalah terjadinya radang kembali setelah sebelumnya radang pada awal operasi sudah hilang.
  • Keluarnya kembali darah dari luka sayat atau jahitan
    Setelah waktu kurang lebih 1 minggu pendarahan pada area jahitan sudah berhenti, Jika setelah pendarahan berhenti dan terjadi lagi pendarahan, maka ini adalah salah satu tanda luka caesar terbuka.
  • Keluar nanah pada area luka sayat
    Nanah yang terjadi merupakan tanda adanya infeksi pada jahitan, terjadinya infeksi bisa juga karena adanya jahitan yang putus atau terbuka, jadi jika ada nanah di area luka patut untuk di curigai adanya jahitan yang terbuka.  Baca: Jika Jahitan Setelah Caesar Bernanah, Segera Lakukan Ini
  • Terjadinya demam
    Demam merupakan bentuk perlawanan tubuh jika ada bakteri atau virus dalam tubuh, salah satunya adalah demam karena bakteri penyebab infeksi, maka demam yang terjadi bisa menjadi tanda jahitan terbuka.

Diatas adalah beberapa tanda jika luka jahitan pasca caesar terbuka, lalu jika ada tanda-tanda tersebut tindakan apa yang harus ibu lakukan?

Mengatasi Tanda Luka Jahitan Melahirkan Caesar Terbuka

Tanda jahitan atau luka sayat yang terbuka di atas adalah hal yang tidak normal yang terjadi pada luka sayat, dan tindakan yang paling baik untuk mengatasinya adalah segera periksakan diri ibu ke dokter agar mendapatkan tindakan yang tepat, seperti yang saya tuliskan di atas tentang “apakah bahaya jika jahitan caesar terbuka”.

Karena yang paling di takutkan dari luka bekas operasi caesar yang terbuka adalah adanya resiko penyebaran infeksi. karena luka yang terbuka merupakan sarana yang baik untuk bakteri patogen bermultiplikasi. Dan jika infeksi ini tidak segera di atasi dengan baik, maka bakteri bisa menyebar ke organ lain yang letaknya jauh dari perut.

Maka tindakan yang tepat sebelum ibu periksa ke dokter adalah:

  • Jangan memegang luka bekas operasi sesar secara berlebihan, apalagi jika memegang luka dengan menggunakan tangan yang diragukan kebersihannya.
  • Ibu bisa bersihkan cairan yang keluar (nanah atau darah) dengan menekan-nekannya secara lembut, yaitu menggunakan kain kasa bersih yang dilembabkan dengan cairan NaCl atau biasa di kenal dengan cairan infus.
  • Jangan menggunakan pakaian dan celana yang ketat, ini bertujuan agar tidak terjadi gesekan yang berlebih pada area bekas luka jahit.
  • Beristirahatlah dengan cara berbaring dan jangan melakukan aktifitas apapun sebelum ibu di periksa oleh dokter dan di lakukan penanganan yang tepat.

“INGAT” di atas adalah hanya tindakan sementara sebelum ibu bisa pergi ke dokter, karena untuk mengatasi jahitan pasca melahirkan caesar terbuka harus dengan pemeriksaan yang seksama agar tindakan yang di ambil oleh dokter tepat.

Baik, sekarang saya berharap ibu atau bapak yang membaca artikel ini paham, tentang tindakan apa yang harus di lakukan jika ada tanda ketidak normalan pada jahitan pasca caesar, jangan panik dan lakukan dengan tenang, serahkan semuanya pada ALLAH SUBHANAHUATA ALA karen semua kejadian di muka bumi ini adalah atas izinnya.

Dan untuk penyembuhannyapun atas izinnya, kita hanya bisa berusaha, dan untuk hasil serahkan sepenuhnya kepada yang maha kuasa, perbanyak doa dan sedekah sebagai wasilah kesembuhan atau musibah yang sedang kita alami.

Semoga bermanfaat dan silahkan share artikel ini ke social media yang ibu miliki sebagai ladang pahala ibu, TERIMAKASIH.


Baca Artikel Terkait:

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*