Penyebab Luka Caesar Terasa Nyeri dan 5 Cara Mengatasinya

luka caesar terasa nyeri

Sayatan yang di buat saat berlangsungnya persalinan caesar sangat dalam, mulai dari kulit perut sampai ke rahim, sehingga rasa nyeri pada luka caesar tidak bisa di elakan.

Pertanyaannya adalah, sampai kapan rasa nyeri yang akan ibu alami, adakah tanda jika rasa nyeri yang ibu alami di luar batas normal dan bagaimana pencegahan dan cara mengatasi rasa nyeri luka caesar tersebut? Berikut pembahasannya.

Mengapa terasa nyeri pada ibu yang melakukan persalinan caesar? Ini adalah karena sayatan pisau bedah pada perut dan rahim ibu. Seperti di jelaskan di awal, yaitu sayatan ini di buat sangat dalam untuk bisa mengeluarkan bayi yang ibu kandung.

Normalnya berapa lama nyeri ini berlangsung? Normalnya rasa nyeri ini berlangsung selama masa nifas, kurang lebih 6 minggu dan berangsur angsur akan hilang rasa nyeri tersebut juga luka akan pulih secara bertahap.

Tapi adakalanya nyeri berlangsung lebih lama dari masa nifas dan juga adakalanya rasa nyeri pada luka yang teramat sangat. Jika ini terjadi pada ibu maka perlu mendapatkan perhatian khusus. Berikut adalah penyebabnya.

Penyebab Luka Caesar terasa Nyeri (Yang Abnormal)

  • Trauma fisik pada luka sayat, contohnya adalah perut yang luka mendapat tekanan berlebih atau bisa juga terkena benda tumpul saat ibu melakukan aktifitas tertentu.
  • Terbentuknya adhesi, adhesi adalah menempelnya usus atau jaringan pencernaan pada permukaan perut akibat dari luka sayat, disamping rasa sakit ibu juga akan merasa mual bahkan muntah dan sulit BAB.
  • Terjadi infeksi pada luka sayatan, Infeksi terjadi karena adanya bakteri pada luka, sehingga luka akan terasa nyeri pada bagian permukaan dan bagian dalam.
  • Jahitan terbuka karena tekanan dan gerakan yang membebani perut, jika jahitan terbuka, otomatis akan terasa nyeri.

Pencegahan dan Cara Mengatasi Luka Operasi Caesar Yang Terasa Sakit

  1. Jaga perut dari tekanan berlebih, berhati hati jika melakukan aktifitas agar perut tidak terkena benda tumpul
  2. Kurangi tekanan berlebih pada perut yang terluka, saat batuk, menarik nafas panjang dan menangis menggunakan bantal yang empuk dengan menempelkannya pada permukaan perut
  3. Jangan melakukan aktifitas fisik yang berat, seperti menggendong bayi atau mengangkat beban berat lainnya
  4. Jangan melakukan hubungan suami istri dulu saat nyeri terasa mengganggu, Silahkan baca kapan boleh berhubungan pasca caesar
  5. Konsumsi makanan pasca operasi caesar yang kaya akan serat untuk mencegah sembelit sehingga saat BAB tidak perlu mengejan dengan kuat.
  6. Perbanyak istirahat agar pemulihan pasca caesar berlangsung cepat
  7. Konsumsi obat penghilang nyeri, jika sakit yang di rasakan sudah di luar batas, konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan obat penghilang rasa sakit ini

Jika rasa sakit pada luka tidak juga mereda pada waktu normal atau melebihi masa nifas yang di ikuti juga dengan tanda tanda peradangan atau infeksi pada luka, seperti berwarna kemerahan, terjadi pembengkakan dan keluar nanah, Segera konsultasikan kepada dokter agar bisa segera di cari tahu penyebabnya dan di lakukan penanganan yang tepat.

Hal Yang Perlu Di Ketahui Perihal Rasa Nyeri Pada Luka Caesar

Rasa nyeri adalah tanda pertahanan tubuh dan sinyal pemberitahuan alami, bahwa tubuh mengalami gangguan, jadi jangan abaikan rasa nyeri yang sekiranya ibu rasakan di luar kewajaran.

Ini yang penting:

Rasa nyeri yang ibu rasakan akan menjadi penggugur dosa ibu, karena ada sebuah hadist yang mahfumnya berbunyi:

“tidaklah seorang muslim mendapatkan musibah berupa rasa sakit dan apapun bentuknya berupa ketidak nyamanan, maka ALLAH SUBHANA HU ATAALLA akan menggugurkan dosanya”

Jadi nikmati rasa sakit yang ibu rasakan dan yakinilah bahwa dosa dosa ibu akan berguguran, niscaya ibu akan kuat dan tegar menghadapi rasa sakit tersebut.

Ingat “HIDUP DI DUNIA HANYA SEMENTARA SAJA” tidak ada yang kekal abadi di dunia ini, kesenangan yang ibu rasakan tidak akan abadi begitu juga rasa sakit yang ibu rasakan tidak akan abadi, semua akan berlalu.

Ingat nabi AYUB ALAIHISALAM yang menderita sakit, apakah penderitaan kita sama dengan Nabi yang mulia tersebut. Dan penderitaan Nabi AYUB ALAIHISALAM juga tidak kekal, karena nabi AYUB ALAIHISALAM juga mendapatkan kesembuhan dariALLAH SUBHANA HU ATAALLA.

Yang kekal adalah kehidupan akherat kelak, jadi berbahagialah ibu jika masih di berikan rasa sakit, itu artinya ALLAH SUBHANA HU ATAALLA sayang kepada ibu dengan menyiapkan tempatnya di surganya kelak. Aaamiiin.

Semoga bermanfaat dan silahkan share ke media social karena banyak juga ibu yang membutuhkan informasi ini.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*