5 Makanan Pasca Operasi Caesar Sebagai Penyembuh & Pencegah Infeksi Pada Luka

makanan-pasca-operasi-caesar

Makanan pasca operasi caesar | Seperti kita ketahui untuk dapat pulih atau sembuh secara total pasca operasi caesar membutuhkan waktu yang tidak sebentar, berbeda dengan yang melahirkan normal.

Untuk itulah dibutuhkan kesabaran dan usaha semaksimal mungkin untuk mempercepat keringnya luka sayatan setelah operasi caesar, terlebih lagi jika luka mengalami infeksi.

Dan salah satu usaha untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mempercepat penyembuhan luka jahitan operasi caesar yang sudah terpercaya.

Ketahui fakta berikut:

Berapa minimal kalori yang harus di konsumsi oleh seseorang ibu yang menyusui tiap harinya? (sudah pasti kan ibu setelah caesar menyusui)

Menurut American Dietic Association, jumlah minimal kalori yang harus di konsumsi ibu menyusui adalah 1800 kalori, dan jika ibu melahirkan kembar sehingga menyusui 2 bayi, maka jumlah kalori yang di butuhkan bertambah besar.

Oleh sebab itu untuk mempercepat kesembuhan luka  setelah caesar dan juga untuk mencukupi kebutuhan kalorinya, Di bawah ini akan kami tuliskan jenis makanan yang seperti apa dan contoh makanan apa yang perlu ibu konsumsi.

Berikut Adalah Makanan Pasca Operasi Caesar Yang Sebaiknya Ibu Konsumsi

makanan-penyembuh-luka-operasi-caesar

1. Buah buahan yang mengandung vitamin C pencegah infeksi

Vitamin C selain sangat bagus untuk membantu mempercepat proses pemulihan luka juga akan membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka caesar.

Karena buah buahan yang mengandung vitamin C juga kaya akan anti oxidant sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi.

Ibu bisa konsumsi jeruk, strawbery dan juga sayur sayuran hijau, kunyit juga kaya akan vitamin C dan dapat mengurangi inflamasi, buatlah minuman dari kunyit dan minum secara teratur.

2. Makanan yang kaya akan serat dan juga mudah dicerna

Makanan kaya serat sangat baik sekali di konsumi oleh ibu, karena akan mencegah konstipasi atau sembelit, sehingga BAB lancar tanpa harus mengejan dengan kuat.

Jika ibu pasca caesar mengejan dengan tenaga lebih, maka akan menyebabkan sakit pada luka sayatan juga akan memperlama penyembuhan, karena saat ibu mengejan tanpa di sadari akan membuka luka yang sudah mulai merapat.

Oats adalah makanan kaya serat yang perlu ibu coba, karena oats ini sangat bagus sekali untuk mencegah sembelit.

Konsumsi juga buah pisang, apel, pepaya dan mangga karena buah buahan tersebut mengandung serat tinggi.

3. Makanan kaya protein

Protein tinggi sangat baik untuk mempercepat pemulihan luka, karena dapat membentuk sel sel tisue yang berguna untuk mempercepat menyatunya kulit dan daging pada perut sehabis sesar.

Selain itu protein tinggi juga akan membantu mengembalikan kekuatan otot sekitar rahim.

Konsumsi daging merah, ikan laut dan telur, makanan ini mengandung protein tinggi juga kaya omega 3 yang sangat baik guna penyembuhan pasca caesar.

4. Makanan penyembuh luka caesar yang mengandung kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk tubuh, yaitu sebagai metabolisme tubuh, pelancar aliran darah, penghubung antar saraf, dan untuk pergerakan otot.

Kalsium juga biasa di gunakan oleh wanita saat haid yang berfungsi untuk mengatasi nyeri saat haid pada bagian perut, untuk itu kalsium harus menjadi menu makanan ibu pasca melahirkan caesar.

Kalsium berguna untuk membantu melemaskan otot-otot serta menguatkan tulang.

Tidak hanya dari susu, sumber kalsium yang baik juga bisa diperoleh dari tahu, kacang almond, dan bayam, maka untuk mempercepat kesembuhan luka konsumsilah makanan tersebut.

5. Makanan yang mengandung zat besi

Mengkonsumsi makanan mengandung zat besi sangatlah penting untuk membantu mengembalikan darah yang hilang Setelah proses melahirkan, baik melahirkan normal maupun dengan cara caesar.

Tidak hanya itu, zat besi juga mempunyai fungsi sebagai penjaga kadar hemoglobin dalam darah sehingga distribusi oksigen ke seluruh tubuh akan lancar dan merata.

Zat besi bisa ibu temukan pada hati ayam, kuning telur, dan daging merah.

Menu Makanan Pasca Operasi Caesar

menu-makanan-pasca-operasi-caesar

Selain ibu yang akan mendapatkan manfaat dari makanan yang di konsumsi, bayi yang telah ibu lahirkan pun tentu akan mendapatkan manfaatnya.

pada bagian ini kami bawakan menu makanan pasca caesar maupun persalinan normal untuk ibu dan bayi seperti dilansir dari indiatimes.com

Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak yang biasa kita kenal disebut dengan DHA. Jika ibu konsumsi ikan salmon maka asi yang ibu prosuksipun akan mempunyai kandungan DHAnya.

ASI yang mengandung DHA sangat penting untuk perkembangan kecerdasan dan sistem saraf bayi.

Produk dari hasil olahan susu

Ibu akan menghasilkan ASI yang sehat jika asupan nutrisinya memadai, hasil olahan susu adalah salah satu produk makanan yang mengandung nutrisi cukup lengkap.

Selain susunya ada baiknya ibu juga mengkonsumsi makan dari hasil olahan susu untuk variasi dan menghindari menu makanan yang berulang, yang bisa menyebabkan hilangnya selera makan.

Beras merah atau beras coklat

Cobalah ganti nasi yang biasa kita makan dengan beras merah atau bisa juga beras coklat karena kandungan karbohidratnya cukup baik dan juga sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas ASI.

Roti gandum

Coba untuk mengganti roti tawar biasa dengan roti gandum, karena roti gandum mempunyai kandungan folat yang banyak di bandingkan dengan roti tawar, dan ini berguna untuk bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sayuran hijau

Sayuran yang berdaun hijau seperti halnya bayam atau kangkung kaya akan vitamin A, zat besi, kalsium, vitamin C, dan zat antioksidant yang baik. Dengan mengkonsumsinya maka akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mengonsumsi sayuran hijau setelah melahirkan juga merupakan salah satu cara yang aman untuk menurunkan berat badan.

Demikian penjelasan tentang makanan pasca operasi caesar, semoga bermanfaat, silahkan baca juga tentang pantangan makanan pasca operasi caesar.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*