Melahirkan Caesar Dengan BPJS, ini Syarat & Ketentuan Terbaru, Agar Biaya di Tanggung Penuh

melahirkan caesar dengan bpjs

Melahirkan caesar dengan BPJS menjadi alternatif bagi ibu untuk mendapatkan biaya murah, karena seperti kita tahu, biaya untuk persalinan dengan cara caesar sangat menguras kantong.

Tapi apakah ibu tahu jika kita tidak bisa serta merta melakukan persalinan caesar dengan BPJS sebelum memenuhi syarat dan ketentuannya.

Apa saja syarat melahirkan caesar pakai bpjs  (yang terbaru), dan apakah ada biaya lain selain yang di cover oleh BPJS?.

Berikut akan kami jelaskan semua tentang bagaimana cara agar persalinan caesar biayanya di tanggung penuh oleh BPJS kesehatan.

Baca juga: pengalaman melahirkan dengan BPJS

Melahirkan Caesar Dengan BPJS, Ini Syarat dan Ketentuan Terbaru

1. Tidak berlaku untuk permintaan sendiri

Jika ibu sedari awal ingin melahirkan caesar dengan BPJS dan mengajukan ke dokter yang merawat ibu, maka biaya persalinan caesar tidak akan di tanggung oleh BPJS.

Mungkin pertanyaan ibu, apakah ada orang yang sedari awal tidak ingin melahirkan normal, malah ingin di caesar?

Banyak sekali bu, karena dengan berbagai alasan, salah satunya menghindari rasa sakit saat persalinan normal, dan ada juga yang memang ikut ikutan trend ingin melahirkan di tanggal bagus.

Atas pertimbangan itulah, untuk persalinan caesar menggunakan BPJS harus ada rujukan dari dokter yang merawat.

Dan rujukan inipun akan di berikan oleh dokter jika memang ibu mempunyai masalah medis jika melahirkan normal.

2. Harus ada indikasi medis

Seperti penjelasan pada point pertama, indikasi medis adalah salah satu hal yang bisa menentukan apakah ibu harus dan bisa  melahirkan caesar atau normal.

Indikasi medis yang mengharuskan operasi caesar diantaranya, Penyilit, ketuban pecah dan posisi bayi sungsang.

3. Dapat rujukan dari dokter Faskes tingkat 1

Jika pada point ke dua di atas, ibu di haruskan operasi caesar karena ada indikasi medis.

Ibu harus mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu ibu harus melakukan pemeriksaan dari Faskes 1, Faskes tingkat 1 bisa puskesmas, poliklinik, dokter praktek dan dokter pribadi.

Pengecualian jika memang dalam keadaan darurat, saat dokter mengatakan harus operasi caesar, maka ibu bisa langsung mengurus rujukan ke rumah sakit.

4. Langsung ke IGD jika keadaan  gawat darurat

Pada kondisi tertentu ibu bisa langsung mendatangi IGD tanpa membawa surat rujukan dari Faskes 1.

Kondisi tertentu ini contohnya saat ketuban pecah, maka ibu di persilahkan untuk langsung menuju IGD tanpa harus mengurus surat rujukan.

5. Kartu BPJS Kesehatan dalam keadaan aktif

Ini merupakan hal yang sebenarnya sepele, tapi akan memiliki dampak yang fatal, yaitu kartu BPJS kesehatan harus dalam keadaan aktif dan juga tidak memiliki tunggakan.

Jika kartu BPJS ibu tidak aktif, maka biaya persalinan caesar tidak akan di tanggung oleh BPJS, untuk berjaga jaga jika dalam keadaan darurat, usahakan untuk membayar iuran sesuai dengan jadwal.

Kesimpulan dari Persalianan Caesar dengan BPJS Agar Biaya di Tanggung Sepenuhnya adalah:

  1. Tidak bisa atas inisiatif sendiri
  2. Wajib ada indikasi medis yang mengharuskan ibu operasi caesar

Selama ada indikasi medis dan ibu sudah mendapatkan surat rujukan, maka biaya persalinan caesar akan di tanggung seluruhnya oleh BPJS kesehatan.

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan dari persalinan caesar dengan BPJS, diharapkan ibu paham dan bisa menjawab jika ada pertanyaan: bisakah melahirkan caesar dengan bpjs?

Apakah ada tips dan triknya agar persalinan dengan BPJS biayannya di tanggung penuh?. Jawabnya saat ini tidak ada, hanya ada cara legal sesuai dengan prosedur yang berlaku seperti saya jelaskan di atas.

Ada satu lagi pertanyaan yang biasa di ajukan, bagaimana prosedurnya?, silahkan ikuti panduannya yang sudah saya tuliskan secara detail tentang prosedur melahirkan caesar dengan bpjs.

Biaya Melahirkan Dengan BPJS Yang Tidak Di Cover

biaya melahirkan caesar dengan bpjs

Perlu di ketahui juga oleh ibu, biaya melahirkan menggunakan BPJS memang akan di tanggung sepenuhnya oleh BPJS tapi hanya untuk perawatan, tindakan dan obat yang di cover saja.

Ada beberapa biaya juga yang harus di keluarkan oleh ibu karena memang tidak termasuk biaya yang di cover oleh BPJS, seperti susu, suplemen dan beberapa obat obatan yang harus kita tebus sendiri.

Ada satu lagi biaya administrasi sebesar 100.000, selain itu, semuanya gratis.

Lalu jika kondisi ibu normal semua dan tidak ada indikasi medis yang mengharuskan untuk melahirkan caesar, tapi ibu tetap ingin caesar, berapakah biayanya?. Silahkan ibu baca tentang berapa biaya operasi caesar.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*