Bahaya Minum Jamu Setelah Melahirkan Caesar, Ini Solusinya

Minum jamu setelah melahirkan caesar | Pertanyaan yang kerap kali di ajukan oleh ibu pasca caesar adalah ‘Apakah setelah melahirkan caesar boleh minum jamu?’, kapan boleh minum jamu pasca operasi caesar? dan  Apakah ada bahayanya jika saya minum jamu setelah operasi caesar?. Pertanyaan tersebut akan saya jawab pada artikel ini, tapi sebelumnya ibu harus tahu dahulu, apa sih tujuan ibu minum jamu?.

Pada umumnya tujuan ibu pasca persalinan minum jamu adalah untuk memulihkan kebugaran tubuh dan juga mengembalikan bentuk tubuh seperti keadaan semula dalam istilah indonesia supaya singset. Untuk tujuan tersebut bisa dan boleh di lakukan bagi ibu yang melakukan persalinan dengan cara normal melalui jalan lahir. Lalu bagaimana untuk ibu yang caesar?.

Apakah Setelah Melahirkan Caesar Boleh Minum Jamu?

minum jamu setelah operasi caesar

Untuk ibu yang melahirkan secara caesar, meminum jamu tersebut tidak di anjurkan, Mengapa?, Karena akan ada dampak buruk atau bahayanya untuk tubuh ibu, maupun sang buah hati. Apa bahayanya?.

Mohon baca sampai akhir, karena ada update terbaru, terimakasih.

Efek Samping atau Bahaya Minum Jamu Setelah Melahirkan Caesar

Pada ibu pasca caesar ada beberapa keadaan yang perlu mendapatkan perhatian lebih terkait dengan perawatan dan pemulihan, salah satu perhatian tersebut adalah mengenai asupan makanan dan minuman kedalam tubuh.

Untuk jamu sendiri akan berdampak buruk terhadap pemulihan dan perawatan pasca caesar, dampak buruk tersebut yang saya kutip dari dr. Nugraha Kesuma Arief (alodokter.com) adalah:

  1. Kandungan jamu (curcuma) bisa menyebabkan pembekuan darah, ini akan berdampak pada pendarahan yang lebih lama di banding dengan ibu yang tidak minum jamu pasca melahirkan caesar.
  2. Kontraksi rahim, selain menyebabkan pembekuan darah, ternyata bisa membuat kontraksi rahim, dan hal ini akan membuat perut ibu tidak nyaman.
  3. Zat yang terkandung dalam jamu akan juga masuk kedalam buah hati melalui air susu, dan beberapa zat dalam jamu tidak bagus untuk perkembangan bayi ibu.
  4. Jamu juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gangguan pencernaan ini adalah hal yang sangat perlu untuk di hindari, karena operasi caesar berhubungan dengan perut ibu yang akan membuat ibu tidak nyaman.

Apa Solusinya Selain Minum Jamu Pasca Operasi Caesar?

Seperti telah di tuliskan di atas, tujuan ibu minum jamu adalah untuk mempercepat pemulihan dan membuat badan kembali normal atau singset, seperti kita ketahui tubuh ibu pasca caesar akan menjadi gemuk dan bagian perut akan membesar, dan inilah kebanyakan masalah pada ibu sehabis melahirkan.

Untuk tujuan pertama, yaitu mempercepat pemulihan pasca caesar, sudah saya tuliskan secara lengkap, silahkan ibu baca artikel pemulihan pasca operasi caesar di artikel tersebut saudah saya bahas lengkap, dari cara pemulihan yang tepat, 9 hal yang menghambat pemulihan dan pemulihan yang salah bisa menyebabkan infeksi .

Untuk tujuan kedua bagaimana agar badan kembali normal dan perut bisa mengecil pasca caesar juga sudah saya tuliskan secara lengkap, silahkan baca mengatasi Perut Besar Setelah Operasi Caesar.

Konsultasi dengan dokter

Selalu konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan jamu setelah caesar ini, karena dokter yang memeriksa ibu lebih tahu bagaimana kondisi real yang ibu alami, dan juga kadang ada obat yang di resepkan oleh dokter yang jika di konsumsi bersamaan dengan jamu melahirkan akan berdampak negatif, karena adanya interaksi dengan obat dokter dan kandungan zat dalam jamu yang ibu minum.

Dan kadang antar dokterpun ada perbedaan pandangan mengenai jamu pasca caesaar ini.

Info Terbaru:

Ternyata Boleh Minum Jamu Pasca Operasi Caesar

Insya ALLAH tulisan artikel yang saya terbitkan akan saya revisi atau saya tambahkan jika saya menemukan adanya perubahan atau update terbaru dari dunia medis atau kedokteran, seperti postingan ini, saya baru menemukan kalau ternyata meminum jamu setelah operasi caesar tidak di larang, tapi dengan memperhatikan hal hal tertentu, berikut rinciannya.

Update terbaru ini saya dapatkan dari dr. Caecilia Haryu Aryapti.

Berdasarkan pengalaman yang umum beredar di masyarakat, ternyata kunyit memiliki beberapa potensi pengobatan pada tubuh kita. Dan saat ini beberapa institusi kedokteran juga sudah mulai melakukan penelitian yang berkaitan dengan potensi zat aktif curkuma yang ada di dalam tanaman kunyit. Dan ternyata Kurkuma ini memiliki efek anti peradangan yang cukup baik.

Sedangkan buah asam diduga memiliki potensi untuk membantu gangguan pada organ pencernaan, dapat mengurangi mual, membantu melancarkan BAB atau buang air besar dan juga sebagai anti racun. Namun menurutnya masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui kekuatan potensi dri asam ini.

Tapi selain manfaatnya yang besar untuk ibu pasca caesar, kunyit jika di konsumsi dalam jumlah besar, yaitu lebih dari 1500 gram, maka akan memiliki efek samping seperti yang saya tuliskan di atas mengenai efek samping dan bahaya jamu ibu pasca caesar.

Tapi kunyit yang biasa diminum sebagai minuman ringan semestinya tidak akan mengandung sampai 500 gram. Sehingga kemungkinan besar, tidak akan muncul potensi efek samping yang tersebut. Apalagi jika Ibu sudah melalui masa pemulihan pasca Caesar lebih dari 1 bulan.

Kesimpulan Tentang Minum Jamu Setelah Operasi Caesar

  1. Boleh minum jamu setelah operasi caesar dengan tujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pasca caesar
  2. Jamu yang di maksud adalah tamanam herbal berupa kunyit dan asam
  3. Waktu minum jamu bisa beberapa jam setelah caesar
  4. potensi bahaya dari minum jamu pasca caesar tetap ada jika di konsumsi secara berlebih, dan akan muncul efek samping berupa, lamanya pendarahan, kontraksi rahim dan gangguan pencernaan.
  5. Konsumsi jamu kunyit tidak lebih dari 1500 gr agar terhindar dari efek samping yang tidak di iginkan.
  6. Selalu konsultasikan dengan dokter yang memeriksa ibu perihal penggunaan jamu pasca lahir sesar ini.

Demikian, semoga bisa di ambil manfaatnya.

Artikel Lainnya: Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*