Operasi Caesar Kedua

operasi caesar kedua

Bahagia tak terhingga setelah kelahiran anak pertama, dan tentu kita menginginkan anak kedua setelah anak pertama usianya sudah cukup untuk memiliki adik.

Tapi masalahnya jika ibu melakukan persalinan anak pertama dengan cara caesar, bagaimana untuk anak kedua nanti, apakah harus caesar juga atau bisa dengan persalinan normal?.

Sebelum membahas lebih lanjut sebaiknya ibu juga baca artikel penting terkait kapan waktu tepat untuk hamil setelah operasi caesar agar kehamilan anak ke dua tidak mengalami masalah atau hal yang tidak diinginkan.

Mengapa Diperlukan Operasi Caesar Kedua?

Pada umumnya jika ibu melahirkan anak pertama dengan cara caesar, maka untuk anak kedua juga persalinannnya akan melalui operasi caesar . Walaupun ada sebagian kecil yang persalinan keduanya bisa melalui persalinan normal. Silahkan baca kisah nyata melahirkan normal setelah caesar.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ibu harus melakukan operasi caesar untuk persalinan selanjutnya:

  • Ada masalah yang terkait dengan kondisi janin seperti plasenta letak rendah pada kehamilan ibu yang kedua.
  • Akan ada resiko yang besar terkait kesehatan ibu jika melakukan persalinan normal setelah caesar jika waktunya terlalu singkat, seperti pendarahan dan luka pada rahim.
  • Bayi yang di kandung sampai hari akan di lahirkan kondisinya melintang atau  sungsang, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan persalinan normal.
  • Adanya resiko gangguan kehamilan atau ada ciri kehamilan bermasalah seperti preeklampsia pada ibu hamil.
  • Ukuran bayi yang terlalu besar dalam kandungan sehingga akan memiliki resiko jika melakukan persalinan normal.
  • Bayi yang di kandung kembar, ini sama saja akan berisiko jika melahirkan dengan cara normal.
  • Usia ibu saat hamil sudah di atas 45 tahun sehingga sangat berbahaya jika melahirkan normal.

Setelah mengetahui alasan kenapa ibu harus menjalani operasi caesar yang kedua, dibawah ini akan kami jelaskan juga keuntungan dari operasi caesar kedua.

Keuntungan memilih operasi caesar kedua adalah:

  • Berhubungan dengan kesehatan, kondisi kehamilan dan persalinan sebelumnya dengan cara caesar, operasi caesar kedua ini adalah metode persalinan paling aman untuk ibu dan bayi.
  • Setelah sebelumnya melahirkan dengan cara caesar, maka untuk caesar kedua ini ibu bisa mempersiapkan persalinan dengan lebih baik lagi, terutama masalah mental.
  • Robeknya rahim yang menyebabkan pendarahan hebat bisa di hindari dengan operasi caesar kedua ini, kasus ini banyak terjadi jika ibu memilih persalinan normal setelah sebelumnya melahirkan dengan cara caesar.
  • Operasi caesar kedua ini akan lebih minim trauma sehingga ibu hamil memiliki perasaan yang lebih siap untuk menghadapi persalinan kedua.

Setelah mengetahui keuntungan dari persalinan dengan cara caesar kedua, ternyata ada juga beberapa dampak resiko terkait pelaksanaan operasi caesar kedua ini, di bawah ini akan saya tuliskan dampaknya.

Resiko dan Dampak Yang Bisa Terjadi Pada Operasi Caesar Kedua

  1. Resiko Terkena Adhesi
    Adhesi adalah perkembangan jaringan perut yang terjadi pada bagian dalam organ perut, dampak yang serius dari adhesi ini adalah melengketnya organ pada bagian pinggul dengan organ lain dan masuk ke dalam dinding perut. Dampak dari adhesi ini ibu akan merasakan lebih sakit. Jika ibu telah berulang melakukan persalinan sesar maka resiko adhesi akan semakin besar.
  2. Terbentuknya jaringan parut
    Jaringan parut yang berkembang pada bagian rahim akan menyebabkan operasi caesar yang kedua lebih sulit, dampaknya proses operasi caesar akan lebih lama lagi, terkadang juga akibat dari terbentuknya jaringan parut ini bagian kandung kemih dan usus terkena sayatan pisau bedah.
  3. Bayi terkena goresan atau luka
    Operasi caesar kedua ini terbilang prosedur yang rumit. Karena dokter harus membuka jahitan sebelumnya dan hal ini terkadang bisa menyebabkan luka pada bayi. Kondisi ini biasa terjadi pada bayi tapi luka ini tidak terlalu serius sehingga perawatan setelah bayi dilahirkan luka tersebut akan sembuh dengan cepat.
  4. Plasenta previa
    Yaitu kondisi dimana plasenta menutup leher rahim, jika kondisi ini di paksakan untuk lahir secara normal maka kemungkinan besar bayi akan meninggal, sehingga untuk persalinan selanjutnya juga harus dilakukan secara caesar.
  5. Plasenta akreta
    Plasenta akreta adalah kondisi plasenta yang terlalu melekat pada dinding rahim, resiko yang terjadi akibat plasenta akreta adalah terjadinya pendarahan.
  6. Masalah pernapasan pada bayi
    Proses operasi caesar kedua juga beresiko terhadap pernafasan bayi yang akan di lahirkan, kondisi ini sering terjadi sehingga perlu penanganan yang lebih intensif agar bayi bisa bernafas dengan normal kembali.
  7. Infeksi pada rahim dan perut
    Operasi caesar kedua ini meningkatkan resiko infeksi pada daerah sayatan, penanganan infeksi oleh dokter adalah dengan memberikan obat pencegah infeksi selama di rumah sakit, dan setelah pulangpun ibu di haruskan untuk mengkonsumsi obat pencegah infeksi tersebut.
  8. Terkena anemia
    Pendarahan yang banyak saat operasi caesar kedua akan menyebabkan ibu mengalami kurang darah atau anemia, untuk penanganannya biasanya ibu akan menerima transfusi darah sehabis operasi caesar. Pemberian ASI kepada bayi dengan kejadian ini otomatis terhambat.
  9. Perawatan dan pemulihan yang lama
    perawatan dan pemulihan operasi caesar kedua ini akan memakan waktu lebih lami dari operasi caesar pertama, persiapkan mental dan kondisi fisik yang prima untuk menghadapi resiko ini. Karena biasanya ibu emosinya akan tidak stabil.

Persiapan Operasi Caesar Kedua

Temukan dokter yang tepat

Maksud dokter yang tepat adalah, dokter yang care, enak dan mudah untuk di ajak komunikasi, karena dokter yang seperti inilah yang akan bisa membantu selama kehamilan dan juga proses persalinan, pastikan dokter juga mengetahui status kesehatan dan riwayat kehamilan yang sebelumnya.

Persiapkan mental dan hindari stres

Peranan mental atau fisiologis ibu sangat besar peranannya, tidak hanya untuk ibu tapi  juga untuk bayi yang di kandung, selalu jaga fikiran agar selalu rileks dan positif, banyak berdoa kepada ALLAH SUBHANAHUATAALA dan bertawakal juga ikhlas menerima semua takdir yang di berikan kepada ibu terkait kehamilan dan persalinan yang akan ibu jalani.

Persiapkan fisik

Jaga kondisi fisik ibu dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi juga gizi, olah raga raga secara teratur, teratur berarti berkesinambungan, walaupun sedikit atau ringan tapi usahakan terus menerus di lakukan, Persiapan fisik ini sangat penting untuk menghadapi waktu operasi caesar kedua, jadi jangan di abaikan.

Untuk persiapan lainnya sama dengan persiapan operasi caesar pertama, untuk lebih lengkapnya silahkan ibu baca persiapan operasi caesar.

Proses Pemulihan Operasi Caesar Kedua

Untuk proses pemulihan operasi caesar kedua ini tidak jauh beda dengan pemulihan pasca caesar pertama, yang membedakan adalah rasa sakit yang di alami oleh ibu di bandingkan dengan caesar pertama adalah lebih sakit, sehingga dokter akan memberikan obat pereda nyeri agar ibu lebih nyaman.

Untuk selengkapnya silahkan ibu baca artikel yang sudah saya buat tentang pemulihan pasca operasi caesar.

Sengaja untuk persiapan dan pemulihan pasca caesar kedua ini tidak saya tuliskan seluruhnya, karena keduanya tidak berbeda jauh dan pembedanya saja yang saya tuliskan disini, jika toh di tuliskan disini artikel ini saya rasa akan sangat panjang.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*