Pantangan Makanan Pasca Operasi Caesar Yang Harus Di Hindari

pantangan-makanan-pasca-operasi-caesar

Setelah mengetahui makanan pasca operasi caesar yang sebaiknya ibu konsumsi, jika belum baca silahahkan klik Makanan Pasca Operasi Caesar. sekarang ibu wajib mengetahui juga apa saja pantangan makanan pasca operasi caesar.

Faktanya makanan yang ibu konsumsi akan berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap luka yang ibu derita pasca caesar.

Makanan pasca sesar ini ada yang baik untuk di konsumsi sehingga mempercepat pemulihan pasca caesar, tapi juga ada beberapa makanan yang sebaiknya di hindari karena akan menghambat penyembuhan seperti terjadinya infeksi.

Mungkin ibu akan mendapati makanan pantangan disini juga di tuliskan di makanan yang di anjurkan pasca caesar, seperti daging merah, roti gandum dan lainnya.

Mengapa demikian?, untuk mengetahuinya silahkan ibu baca secara teliti anjurannya agar makanan yang memang seharusnya baik untuk di konsumsi pasca caesar tidak berubah menjadi bahaya.

Berikut adalah daftar jenis pantangan makanan pasca operasi caesar yang berbahaya jika ibu makan, dan kami jelaskan juga alasannya.

Pantangan Makanan Pasca Operasi Caesar Yang Harus Di Hindari

Jenis sayuran yang bisa menimbulkan gas pada organ pencernaan.

Walaupun sayuran adalah termasuk makanan sehat untuk ibu menyusui pasca melahirkan, tapi ada beberapa sayuran yang dapat memberikan efek samping berupa meningkatnya produksi gas pada saluran pencernaan.

Meningkatnya gas dalam saluran pencernaan dapat menekan perut sehingga bisa menimbulkan rasa  nyeri pada perut ibu pasca sesar.

Jenis sayuran yang sebaiknya jangan di konsumsi terlebih dahulu pasca operasi caesar adalah:

  • Brokoli
  • Kembang Kol
  • Jamur
  • Lobak

Jenis makanan dengan rasa yang pedas

Mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas yang berlebihan dapat memberikan pengaruh buruk. Pengaruh buruk ini akan dirasakan pada perut dan saluran pencernaan lain.

Dengan makanan pedas maka ibu akan merasakan beban berlebih pada daerah perut di samping beban luka sayatan. Maka tahan dulu jangan memanakan makanan yang pedas.

Pantangan makanan yang dapat menyebabkan batuk

Batuk pada ibu yang baru menjalani pembedahan caesar adalah aktifitas yang menyiksa karena batuk akan menimbulkan rasa sakit pada jahitan dan juga akan mempengaruhi jahitan terlebih lagi di awal pasca caesar.

Untuk makanan jenis ini adalah makanan yang mengandung perasa buatan atau mengandung gula tinggi, makanan yang di sajikan dalam keadaan dingin, buah yang punya rasa asam dan  juga gorengan.

Untuk buah yang asam seperti strawberi atau jeruk konsumsi sedikit sedikit saja agar tidak menimbulkan batuk, karena buah ini baik untuk ibu pasca caesar.

Makanan yang bisa menyebabkan sembelit

Jika ibu sembelit maka pada proses BAB ibu akan mengejan lebih kuat, hal ini perlu di hindari, karena mengejan dengan kuat akan mempengaruhi luka pada perut ibu dan akan menimbulkan rasa sakit pada bekas sayatan.

Sembelit dan luka infeksi menjadi momok tersendiri bagi ibu pasca caesar, sehingga untuk pembahasan makanan pantangan pasca operasi caesar yang menyebabkan terjadinya sembelit akan kami rincikan beserta alasannya di bawah ini.

Pantangan Makanan Pasca Operasi Sesar Penyebab Sembelit

Makanan yang menyebabkan sembelit ini juga bisa di aplikasikan untuk semua orang, tidak terbatas kepada ibu pasca caesar saja, karena masalah sembelit sangat tidak baik untuk organ pencernaan.

1. Makanan yang mengandung gluten

pantangan-makanan-pasca-operasi-caesar-gluten

Gluten merupakan protein yang biasanya terdapat pada olahan gandum dan tepung terigu. Beberapa ibu pasca caesar akan mengalami sembelit ketika kebanyakan mengonsumsi gluten.

Kondisi terberat jika konsumsi gluten secara berlebih adalah gangguan celiac. Yang berarti gangguan autoimun, yaitu kondisi gluten sulit dicerna dan efeknya akan merusak usus.

Gejalanya yang bisa terjadi antara lain pembengkakan pada usus, perut kembung, sakit perut sampai konstipasi kronik. Jika ibu mengidap gangguan ini maka ibu harus menjalani diet khusus yaitu hanya boleh memakan bahan makanan yang bebas gluten.

2. Minuman manis

makanan-pantangan-pasca-caesar-yang-mengandung-gula

Ternyata kebanyakan mengkonsumsi gula bukan hanya memicu penyakit diabetes dan jantung. Tetapi juga akan berdampak buruk pada pencernaan, seperti peradangan usus. Dan yang lebih parah lagi adalah akan meningkatkan risiko kanker usus dan anus.

Konsumsi gula paling banyak berasal dari minuman soft drink, soda, teh, jus kemasan, es krim, dan minuman sachet. Kadar gula dalam minuman kemasan ini jauh lebih banyak daripada bikin sendiri.

3. Daging merah

pantangan makanan pasca operasi caesar

Daging merah memang baik untuk ibu pasca caesar tapi jangan konsumsi secara berlebih karena akan jadi penyebab sembelit. Alasan konsumsi daging merah secara berlebih akan memicu sembelit, yaitu:

Daging merah mempunyai Kandungan serat sangat sedikit.

Kandungan lemak daging merah lebih tinggi dari jenis daging lain, seperti halnya ikan dan unggas.

Jika kita konsumsi makanan yang mengandung serat minim tapi kadar lemak tinggi maka akan memperparah sembelit. Untuk ibu pasca caesar di anjurkan untuk tidak makan daging merah secara terus menerus, tapi bisa di kombinasikan dengan telur, tahu, tempe, ikan, atau ayam.

4. Nasi putih, roti tawar dan pasta

makanan pantangan setelah caesar nasi

Tiga makanan ini merupakan jenis karbohidrat yang biasa kita makan sehari hari. Tapi sangat di sayangkan dalam proses pengolahannya, kulit dan bekatul yang kaya serat juga nutrisi malah dibuang. Inilah yang menyebabkan terjadinya sembelit.

Alasannya adalah Karena karbohidrat dan makanan lain akan memakan tempat lebih banyak di pencernaan daripada serat. Jika ibu menderita sembelit maka ahli kesehatan akan menyarankan ibu untuk mengganti nasi putih dengan makanan yang mengandung serat lebih banyak.

Coba ibu mengonsumsi beras merah atau beras cokelat yang masih mengandung kulit atau biasa disebut dengan whole grain. Tetapi perlu diketahui juga, jika ibu memang sudah menderita sembelit sebelum caesar, memakan serat dalam jumlah berlebih malah akan memperparah kondisi.

Untuk penyembuhannya coba konsumsi serat sedikit demi sedikit sampai keadaan usus normal kembali. Karena serat paling baik jika dikonsumsi secara rutin saat pencernaan sedang sehat.

5. Gorengan dan makanan cepat saji

larangan-makanan-pasca-operasi-caesar-gorengan

Walaupun ibu sangat menyukai gorengan, baik yang di beli di pinggir jalan maupun di buat sendiri karena rasanya yang enak, tapi tidak baik juga kalau dimakan terlalu sering terutama pasca caesar.

Karena semua makanan yang digoreng, apalagi yang minyak gorengnya sudah di pakai berulang kali maka akan mengandung lemak jenuh yang sangat lambat untuk dicerna.

Makanan cepat saji seperti ayam goreng krispy, kentang goreng, aneka keripik mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Sejumlah studi ahli gizi dan kesehatan menemukan jia sering mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Makanan asin

makanan-pantangan-pasca-operasi-caesar-asin

Makanan yang mengandung garam jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengurangi kadar air dalam feses dan akan mengeringkannya, sehingga feses akan sulit didorong keluar.

Kondisi ini akan memaksa tubuh menyerap air dari usus guna mengimbangi kelebihan garam dalam darah, sehingga usus akan kesulitan mencerna dan berkontraksi.

Makanan jenis ini biasanya ada pada gorengan, keripik kentang, mi instan, makanan cepat saji atau fast food, sosis, dan berbagai macam camilan yang gurih biasanya mengandung kadar garam yang tinggi. Hindari makan makanan ini secara berlebih.

7. Pisang mentah

makan setelah operasi caesar pisang

mungkin ibu heran dan bertanya kok pisang?, bukannya pisang adalah pencahar paling baik. Memang pisang akan memproduksi serat pektin yang akan membantu mengeluarkan sisa makanan atau feses secara teratur setiap harinya.

Tetapi tidak dengan pisang mentah, jangan mengonsumsi pisang mentah jika tidak ingin sembelit. Alasannya adalah karena pisang mentah mengandung rantai glukosa panjang yang sulit untuk dicerna.

Hal ini berbeda dengan pisang yang matang, karena rantai glukosa pisang matang tersebut sudah diubah menjadi gula alami yang akan mudah untuk dicerna.

Makan pisang yang sudah benar benar matang, jangan makan pisang yang masih mentah, biasanya pisang mentah mempunyai ciri warna hijau dan rasa yang sepat.

Kesimpulan Dari Pantangan Makanan Pasca Caesar

Jangan ibu sepelekan jika terkena sembelit terutama saat awal masa setelah caesar, karena seperti di jelaskan di atas sembelit ini akan menyebabkan proses mengejan yang berlebih saat BAB dan ini bisa menyebabkan terbukanya jahitan, dan jika terbukanya jahitan maka akan rentan terjadi infeksi.

Beberapa makanan pantangan pasca operasi caesar ini memang baik untk di konsumsi, tapi dengan batasan yang wajar dan tidak berkelanjutan, sebaiknya di seling dengan menu makanan yang lainnya.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*