Pasca Caesar Kapan Boleh Berhubungan ?

pasca caesar kapan boleh berhubungan

Pasca caesar kapan boleh berhubungan adalah pertanyaan yang sering di utarakan, terutama bagi ibu yang pertama melahirkan, baik secara caesar maupun normal.

Berikut jawaban dari pertanyaan tentang kapan bolehnya berhubungan lagi pasca operasi caesar menurut dr.

Pasca Caesar Kapan Boleh Berhubungan Badan?

Pada umumnya dokter akan menyarankan berhubungan intim setelah 4-6 minggu pasca caesar.

Mengapa harus menunggu waktu selama itu, bukankah melahirkan caesar tidak melalui alat kelamin?

Sepertinya pertanyaan dan sanggahan ini realistis, tapi sebenarnya tidak, mengapa demikian?

Memang melahirkan caesar, seperti yang sudah kita ketahui tidak melalui alat kelamin sebagaimana melahirkan normal.

Tapi bayi yang di keluarkan, baik caesar maupun normal pasti melalui rahim, setelah melahirkan (baik caesar ataupun normal) bagian leher rahim akan terbuka dan mengalami pendarahan pada alat kelamin.

Waktu untuk menutup leher rahim sekitar 4-6 minggu.

Dan untuk ibu yang melahirkan caesar pendarahan pada alat kelaminnya memang tidak sebanyak persalinan normal, nah waktu 4-6 minggu ini di harapkan pendarahan sudah terhenti.

Setelah waktu inilah ibu siap untuk melakukan hubungan suami istri. Tapi ingat belum boleh untuk hamil, lalu kapan waktu untuk hamil kembali?, baca disini Kapan waktu hamil setelah operasi caesar?

Apakah semua ibu pasca caesar harus berpatokan dengan waktu tersebut?

Tidak harus, karena patokan tersebut adalah perkiraan pada umumnya.

Bisa saja ibu bisa lebih cepat bisa berhubungan badan dari patokan tersebut atau bahkan bisa lama tergantung fisiologis ibu dan cepatnya pemulihan pasca caesar, karena tentu antar ibu mempunyai pengalaman yang berbeda.

Bagaimana Acuan Kalau Saya Sudah Siap Untuk Berhubungan Badan?

  1. Sudah tidak ada pendarahan pada alat kelamin atau sama dengan waktu nifas sudah berakhir, yang artinya ibu wajib mandi besar dan melakukan shalat wajib 5 waktu.
  2. Ibu sudah siap secara mental dan fisik melakukan hubungan badan. Hal ini hanya ibu yang tahu apakah sudah siap atau belum, bayangkan bagaimana jika melakukan hubungan saat kondisi ibu sekarang (hanya ibu yang tahu kondisi ibu saat itu) Jika di rasa tidak masalah, maka silahkan berhubungan.
  3. Jika ibu di rasa sudah siap, tapi saat berhubungan ada perasaan atau rasa tidak nyaman, minta suami untuk menurunkan ritmenya atau bahkan untuk menghentikannya (komunikasikan hal ini sebelum berhubungan dengan suami ibu)

Baik, saya rasa ibu sudah paham kapan boleh berhubungan pasca operasi caesar. Sekarang bagaimana tips agar nyaman saat berhubungan badan pasca operasi caesar.

Tapi, sebelum membahas tentang tips tersebut sebaiknya ibu tahu juga, bahwa persalinan baik caesar maupun normal itu tidak mempengaruhi gairah sexual, cuma ada beberapa faktor yang akan menghambat gairah tersebut.

Beberapa faktor yang akan menghambat gairah sex pasca caesar

  • Ibu lebih banyak mengurus bayi, sehingga terlalu lelah, kurang tidur dan ini akan mempengaruhi gairah sexsual ibu.
  • Pengaruh hormon menyusui yang sedikit mempengaruhi gairah sex karena hormon ini akan menyebabkan pelumas pada vagina berkurang sehingga terasa nyeri saat bergesekan.
  • Pemakaian alat kontrasepsi yang juga mempengaruhi gairah sex ibu.
  • Rasa sakit pada jahitan yang juga dapat mempengaruhi gairah ibu untuk berhubungan badan.

Tips Nyaman Berhubungan Badan Pasca Operasi Caesar

  1. Buang air kecil terlebih dahulu dan lebih bagus lagi mandi menggunakan air hangat, ini akan membuat ibu rileks.
  2. Komunikasikan dengan suami, perihal hubungan badan yang akan di lakukan mengingat kondisi ibu pasca caesar, minta suami agar membuat ibu rilexs seperti memijat punggung dengan lembut dll.
  3. lakukan foreplay yang cukup sebelum penetrasi, ini berguna agar ibu menjadi rilek dan memperbanyak pelumas alami.
  4. Jika pelumas sedikit atau kering akibat hormon menyusui, jangan ragu untuk menggunakan pelumas gel.
  5. Sebisa mungkin rileks, jangan memikirkan hal lainnya, ingat bercinta bukan hanya urusan fisik, tapi melibatkan emosi juga.
  6. Jika saat penetrasi terasa tidak nyaman atau nyeri, minta suami untuk mengurangi ritme  atau bahkan untuk menghentikan sementara.

Posisi Atau Gaya Bercinta Yang Di Anjurkan

Sebenarnya untuk gaya apapun atau posisi apapun tidak ada anjurannya karena semua posisi bisa dan boleh di lakukan, dan yang menjadi kata kuncinya adalah ibu merasa nyaman.

Dan yang juga menjadi perhatian juga adalah saat melakukan gaya tertentu usahakan tidak membebani area perut atau jahitan secara berlebih.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari pertanyaan kapan waktu yang tepat berhubungan setelah operasi sesar adalah setelah 4-6 minggu, tapi bisa lebih cepat bahkan lebih lama tergantung kondisi fisik dan fisiologis ibu.

Akhirnya ibu sendirilah yang bisa menentukan apakah ibu siap untuk berhubungan atau belum, ikuti acuan di atas untuk memulai hubungan badan pasca caesar.

Lakukan gaya atau posisi apapun asal ibu nyaman dan tidak membebani area perut.

Selalu konsultasikan ke dokter jika ada hal yang tidak normal baik saat berhubungan ataupun setelah berhubungan.

Akhirnya saya ucapkan, selamat menikmati malam pertama setelah sesar, lakukan dengan sepenuh hati dan cinta, karena hubungan badan ini berpahala jika di niatkan ibadah, maka gunakan adab dalam berhubungan intim dan membaca doa sebelum memulainya.

Baca juga: Pasca Operasi Caesar Bolehkah Pakai Korset ?

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Comments

  1. Iya saya juga masih risih kalau mau berhubungan, terasa ngilu pada jahitan.

Speak Your Mind

*