Apakah Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok ?

pasca operasi caesar kapan boleh jongkok

“Toilet di rumah saya adanya toilet model jongkok”, bagaimana cara saya BAB (Buang Air Besar) sedangkan saya baru saja operasi caesar?. Begitulah salah satu pertanyaan yang di ajukan kepada dr. Muhammad Fadhil dari Alodokter.

Apakah ibu mempunyai masalah yang sama seperti di atas, atau pertanyaan ibu bersifat umum, bukan hanya pada masalah BAB saja, melainkan jika melakukan aktifitas fisik tertentu yang membutuhkan jongkok.

Berikut fakta dan jawabannya, bagaimana cara jongkok pasca caesar?, bagaimana agar BAB tidak perlu mengejan dengan keras? juga saya sertakan juga latihan khusus agar berjongkok tidak menjadi masalah untuk ibu pasca caesar.

Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok, Apakah Berbahaya? Inilah Faktanya

Jawaban dr. Muhammad Fadhil adalah membolehkannya. Fakta tentang bahaya jongkok pasca operasi caesar tidak separah yang di bayangkan dan di ulas di media social. seperti terbukanya jahitan dll.

Memang bisa saja terjadi akan adanya jahitan yang sobek, tapi ini sangat jarang terjadi dan semua karena kesalahannya, yaitu jongkok yang tidak memperhatikan kondisi dan keadaan.

Pasca operasi caesar boleh jongkok, asal ibu memperhatikan 2 hal berikut:

  1. Tidak adanya nyeri yang berlebih pada area luka, jika nyeri yang dirasa membuat tidak nyaman dan mengganggu, sebaiknya mencari alternatif lain untuk BAB.
  2. Posisi saat akan jongkok harus memperhatikan area perut, jangan sampai membebani area luka jahit.
  3. Gunakanlah alat bantu agar tangan bisa menahan tubuh sehingga perut tidak perlu menekuk. dibawah akan saya jelaskan caranya dan akan saya sertakan juga ilustrasinya melalui gambar.

Aktifitas jongkok ini bukan hanya masalah saat BAB saja, tapi ada juga kegiatan lainnya yang membutuhkan posisi jongkok, tapi sebaiknya aktifitas lainnya yang memerlukan posisi jongkok di hindari terlebih dahulu, sampai luka ibu benar benar sembuh.

Cara Jongkok Yang Benar Untuk Ibu Pasca Caesar

Jika memang urgent dan harus berjongkok, maka perhatikan point di atas, yaitu tidak terlalu membebani area perut, dan saat jongkok dengan posisi yang aman, berikut cara jongkok yang benar.

  1. Tidak melipat atau menekuk area perut, usahakan bagian perut sampai dada lurus, perhatikan ilustrasi dibawah ini:pasca caesar boleh jongkok
  2. Gunakan alat bantu untuk pegangan kedua tangan, sehingga ibu mudah untuk berjongkok tanpa harus menekuk perut, pada gambar ilustrasi di bawah alat bantu berupa kursi yang di taruh di belakang, ibu juga bisa menggantinya dengan menaruh kursi di ke dua sisi samping.cara jongkok ibu pasca caesarIlustrasi cara jongkok pasca caesar. Gambar dari wikihow

Latihan Jongkok Pasca Operasi Caesar

Sekarang akan saya tuliskan bagaimana cara latihan jongkok atau squat untuk ibu pasca caesar, dan latihan ini juga sekaligus melatih otot perut dan pinggul sehingga perut dan piggul akan lebih kuat dan lentur. Latihan ini saya dapat dari Youtube.

Latihan ini sangat sederhana, hanya menggunakan bangku bisa dilakukan sendiri ataupun bisa dampingi oleh orang lain atau suami untuk tahap awal, antisipasi supaya tidak terjatuh saat melakukan gerakan menurun.

  1. Berdiri tegak dengan kaki di renggangkan sedikit melebihi bahu dan tangan menghadap lurus ke depan.kapan boleh jongkok pasca caesar
  2. Mulailah bergerak seperti akan berjongkok sampai menyentuh ujung bangku lalu tahan selama 2 ketukan, condongkan badan ke depan untuk menjaga keseimbangan, dan usahakan perut tidak menekuk tapi tetap sejajar dengan punggung.pasca operasi caesar boleh jongkok
  3. Lalu kembali ke atas sampai pada posisi tegak kembali, lakukan gerakan ini 5-10 kali atau bisa lebih kalau ibu menginginkannya, tentu dengan memperhatikan kekuatan ibu. Gerakan ini lebih banyak maka lebih bagus.latihan jongkok pasca caesar

Berikut Video lengkapnya bagaimana latihan jongkok:

Latihan Gerakan Yang Harus Di Lakukan Ibu Pasca operasi Caesar

Selain latihan gerakan bagaimana cara jongkok diatas, ternyata ada latihan gerakan lain yang sebaiknya di lakukan oleh ibu pasca operasi caesar latihan gerakan ini bertujuan untuk melenturkan tubuh, berikut saya rincikan di bawah ini.

Gerakan untuk melenturkan otot tubuh pasca caesar menurut Carpenito (2000) di bagi menjadi 3 yaitu:

  1. Gerakan pasif
    Gerakan pasif ini bertujuan untuk melenturkan otot dan persendian yang di lakukan oleh orang lain, seperti saat tangan kita di angkat oleh perawat dengan ritme atau waktu tertentu.
  2. Gerakan Aktif
    Tujuan dari gerakan ini sama seperti gerakan pasif, bedanya gerakan ini di lakukan oleh kita sendiri, contohnya saat kita masih terbaring di rumah sakit kita menggerakan tangan atau kaki sendiri.
  3. Gerakan Fungsional
    Gerakan ini bertujuan untuk melenturkan secara spesifik bagian mana saja yang akan di latih atau hanya melatih bagian otot tertentu saja, contohnya seperti di atas yaitu melatih agar bisa jongkok pasca caesar.

Tahapan gerakan yang harus ibu lakukan setelah operasi sesar menurut Kasdu (2003), adalah sebagai berikut:

  1. Gerakan 6 jam pertama pasca caesar
    Istirahat dengan berbaring,  gerakan awal yang bisa dilakukan adalah dengan menggerakkan pergelangan tangan, tangan seluruhnya, menggerakkan jari kaki dan memutar pergelangan kaki, mengangkat tumit, menegangkan atau kontraksikan otot betis juga menekuk dan menggeser kaki.
  2. Gerakan setelah 6-10 jam
    Gerakan yang harus dilakukan yaitu mencoba untuk miring kekanan dan kekiri, tujuan gerakan ini untuk mencegah pembekuan darah di vena yang akan mengakibatkan aliran darah ke vena tersumbat menurut istilah medis di sebut dengan Venous Thromboembolism (VTE).
  3. Gerakan setelah 24 jam
    Setelah 24 jam gerakan yang harus di lakukan adalah belajar duduk, lalu setelah bisa duduk di lanjutkan dengan belajar berjalan.

Urutan latihan gerakan yang harus ibu lakukan setelah caesar dimulai dari pertama kali sadar dari pengaruh anastesi.

  • Hari ke 1 :
    a. Latihan pernafasan sesegera mungkin setelah ibu sadar dari anastesi, latihan pernapasan ini di lakukan sambil tiduran.
    b. Belajar tidur miring ke kanan dan ke kiri setelah 6-10 jam sadar.
  • Hari ke 2 :
    a. Ibu diharapkan sudah dapat duduk selama kurang lebih 5 menit, lakukan pernapasan dengan cara menarik napas dalam dalam lalu menghembuskannya juga sertai dengan gerakan batuk yang rendah beberapa kali, hal ini bertujuan untuk melonggarkan pernafasan dan juga agar menumbuhkan kepercayaan diri ibu pasca caesar.
    b. Lalu dari gerakan posisi tidur terlentang rubahlah posisinya menjadi setengah duduk.
    c. Langkah selanjutnya lakukan posisi duduk lebih lama lagi, sampai bisa duduk seharian, tentu proses ini akan bertahap, lakukan seterusnya hari demi hari sampai bisa duduk dengan waktu lama.
  • Hari ke 3 sampai hari ke 5
    a. Belajarlah untuk berjalan tanpa bantuan orang lain.
    b. Tahapan gerakan yang seperti ini jika di lakukan dengan seksama dan juga dengan menjaga waktu istirahat juga asupan nutrisi yang sehat, maka akan mempercepat penyembuhan pasca caesar.

Gerakan latihan di atas jika bisa ibu praktekan dengan benar dan tepat maka kemungkinan besar tidak akan mempunyai masalah dengan jongkok, bahkan ibu bisa melakukan gerakan atau aktifitas lain dengan mudah.

Bila tahapan latihan diatas dilakukan maka tentu saja bunda Pasca Operasi Caesar Boleh Jongkok. Dan gerakan apapun bisa dilakukan dan tidak menjadi halangan untuk beraktifitas.

Ternyata artikel ini sudah sangat panjang, untuk itu artikel tentang cara agar BAB mudah dan nyaman pasca caesar saya buatkan di postingan selanjutnya, untuk membacanya silahkan klik Cara BAB Pasca Operasi Caesar.

Demikian semoga bermanfaat, dan semoga semua ibu yang terpaksa harus menjalani persalinan secara caesar di mudahkan jalannya dan di segerakan kesembuhannya.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Comments

  1. iya memang benar saya sangat risih kalau ingin BAB jongkok.

Speak Your Mind

*