Pemulihan Pasca Operasi Caesar Jadi Lama Karena Hal Sepele yg di Remehkan

Di artikel ini akan kami tuliskan hal sepele yang kerap di lakukan oleh ibu pasca caesar yang menyebabkan Pemulihan pasca operasi caesar menjadi lama.

Dan tidak lupa kami sertakan juga perawatan pasca operasi caesar yang baik dan benar, berdasarkan buku 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat (2009) karangan Nadia Indivara.

pemulihan-pasca-operasi-caesar

Yang menjadi kendala atau kecemasan seorang ibu pasca operasi caesar adalah penyembuhan luka yang memakan waktu lama.

Dan sebenarnya bukan hanya lamanya saja, tapi ada lagi kecemasan lain. Yaitu terjadinya infeksi pada luka jahitan, dengan di tandai keluarnya nanah.

Terjadinya infeksi pada bekas jahitan caesar di sebabkan oleh banyak faktor, silahkan anda baca di artikel ini.

Karena kecemasan atau ketakutan tersebut maka dalam fikiran ibu adalah bagaimana luka bekas operasi sesar ini cepat sembuh agar ibu bisa beraktifitas kembali seperti biasa.

Sayangnya ada beberapa hal sepele yang kerap di lakukan oleh seorang ibu yang tanpa di sadarinya menyebabkan luka jahitan pasca operasi caesar menjadi lama sembuh, bahkan menjadikannya infeksi dan bernanah.

Apa saja hal sepele tersebut yang bisa menyebabkan luka caesar lama sembuh atau lama keringnya? dan bagaimana Pemulihan pasca operasi caesar yang baik dan benar?, Berikut penjelasannya.

9 Hal Yang Menghambat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

lama-pemulihan-pasca-operasi-caesar

1.  Luka atau jahitan terkena air sebelum waktunya

Hal ini sering di lakukan karena ketidak hati-hatian saat pertama anda mandi setelah operasi caesar.

Memang dokter akan melapisi jahitan dengan plaster kedap air dan anda di bolehkan untuk mandi, tapi itu bukan jaminan air tidak masuk ke daerah luka.

Hal yang perlu di perhatikan adalah, pastikan plester kedap air terpasang dengan sempurna, agar air tidak masuk ke daerah luka.

Point penting: Hindari luka tersebut dari air sampai dokter melepas jahitan, biasanya akan di lepas pada hari ke 5 sampai hari ke 7.

2. Tangan tidak steril saat menyentuh luka

Menyentuh disini bisa berarti sedang mengganti perban atau membersihkan luka, hal ini banyak di sepelekan oleh ibu pasca caesar, dianggapnya hanya menyentuh sebentar.

Padahal tidak demikian, kuman yang ada di tangan kita jumlahnya banyak, dan jika bersentuhan dengan luka maka akan cepat sekali menjadikannya infeksi.

Point penting:Jangan malas“, minimal cuci tangan dulu dengan sabun, kalau bisa dengan cairan anti septic, hal sederhana ini akan dapat mencegah luka menjadi infeksi dan bernanah.

3. Mencuci luka tidak dengan cairan yang steril

Kalau di point 2 di atas adalah tangan yang tidak steril, dan di point ke dua ini adalah cairan yang di gunakan tidak steril.

Contohnya kita hanya mengelap luka dengan air ledeng/sumur, kalau memang mau pakai air, usahakan air hangat dan setelahnya segera keringkan.

Point penting: Cuci luka dengan air hangat atau dengan cairan steril (alcohol dll) jaga agar luka tetap dalam keadaan kering.

4. Malas mengganti perban

Perban yang tidak di ganti dalam waktu lama, akan menyebabkan berkumpulnya bakteri, usahakan untuk mengganti perban sehari sekali.

5. Tidak membersihkan luka secara teratur

Pada point ke 4 kita di anjurkan untuk mengganti perban sehari sekali, di saat mengganti perban tersebut, bersihkanlah luka menggunakan air hangat yang di campur dengan sabun, bilas sisa sabun sampai benar benar bersih.

Sebelum di perban pastikan luka sudah benar benar kering, caranya dengan menepuk nepuk luka dengan handuk yang bersih dan lembut.

6. Menggunakan bedak atau lotion pada luka

Entah apa maksudnya tindakan ini, mungkin maksudnya agar nanti setelah kering lukanya tidak membekas.

Tapi jangan lakukan itu, karena hal tersebut sia sia, malah akan menyebabkan luka anda lama untuk sembuhnya.

7. Menggaruk luka

Biasanya ibu menggaruk luka dalam keadaan reflek dan tidak sadar, tapi tidak sedikit juga ibu yang menggaruk luka karena memang tidak tahan.

Stop jangan di garuk, tahan saja, kalaupun tidak tahan sentuh dengan lembut bagian yang gatal menggunakan kain yang seteril untuk meminimalisir gatal.

8. Mengangkat beban yang berat

Jangan mengerjakan pekerjaan rumah dulu karena jika ibu nekat melakukannya nanti ibu akan mengangkat sesuatu yang berat tanpa ibu sadari, dan ini bisa membuat luka terbuka kembali.

Tunggu sampai keadaan ibu membaik. Biasanya setelah 1 bulan, kondisi ibu akan membaik jika diikuti dengan istirahat cukup dan asupan makanan yang baik.

9. Istirahat kurang sehingga terjadi kelelahan

Ambilah waktu istirahat yang cukup, minimal ibu harus tidur 8 jam sehari unutk mempercepat pemulihan.

Apa yang akan terjadi jika ibu nekat melakukan hal seperti di atas?

Luka tersebut besar kemungkinan akan infeksi. Dan infeksi luka operasi sesar apabila tidak cepat ditangani dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti:

Terbentuknya ABSES yaitu kantong yang berisi nanah pada daerah sekitar luka atau bahkan SEPSIS yaitu masuknya kuman ke dalam darah.

Jika sudah terlanjur infeksi maka penangannya adalah dengan perawatan luka yang lebih ketat dan pemberian antibiotik. Untuk antibiotik sebaiknya anda konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan antibiotik yang tepat.

Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Baca juga: makanan pemulihan pasca operasi caesar

Perawatan atau pemulihan pasca operasi caesar ini di kutip dari buku 200 Tips Ibu Smart Anak Sehat (2009), karangan Nadia Indivara. Dan ini sebenarnya hanya tambahan dari ke 9 point di atas.

  • Jaga kebersihan luka dan secara teratur berikan cairan antiseptic.
  • Mandi secara teratur dan bersihkan daerah kemaluan setelah BAB dan BAK dengan baik. karena, jika tidak dibersihkan dengan baik bisa menimbulkan infeksi pada bekas luka.
  • Konsumsilah makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, atau susu, protein bagus untuk mempercepat penyembuhan luka caesar.
  • Jika perut kembung untuk mengatasinya minumlah teh peppermint.
  • Banyak minum untuk mencegah sembelit dan memperlancar BAB.
  • Banyak bergerak, tentu bergerak ringan dan dengan cara bertahap, hal ini akan membantu cepatnya proses pemulihan pasca caesar.
  • Minta bantuan orang atau baby sister untuk menjaga bayi yang baru di lahirkan, karena ibu pasca sesar terbatas pergerakannya.
  • Cari posisi yang nyaman saat menyusui.
  • Jika keringat berlebih saat menyusui, Jangan panik.  Ini penjelasannya: Saat ibu menyusui maka akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin untuk konstraksi otot rahim agar mengecil. Sehingga, hal ini akan membuat otot jantung memompa lebih kuat seperti halnya ibu olahraga sehingga akan mengeluarkan keringat lebih banyak.
  • Mulai melatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan bagaimana caranya? untuk caranya silahkan anda klik disini.  Jangan lupa untuk meminta izin dan petunjuk dokter.
  • Jangan cemas jika bekas luka sesar terasa kencang dan gatal, karena proses penyembuhan luka akan menyebabkan luka terasa kencang dan gatal.
  • Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. yaitu masa setelah melahirkan hingga 6 minggu, karena psikologis ibu juga menentukan cepat atau lamanya proses penyembuhan luka.
  • Bagi sebagian wanita, bahkan bisa menyebabkan trauma psikologis hebat, sehingga berakibat pada masalah kejiwaan. Untuk itu, agar ibu cepat pulih setelah operasi caesar dibutuhkan obat-obatan dan juga terapi psikologis.
  • Jadi, jika ibu merasa sangat lelah, mulai menangis atau ada perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

Pemulihan Pasca Operasi Caesar Berapa Lama ?

pemulihan-pasca-operasi-caesar-berapa-lama

Pertanyaan seperti ini sering di sampaikan oleh ibu setelah selesai menjalani persalinan dengan cara sesar. Dan ini wajar, karena bagaimanapun hal inilah yang menjadi kekhawatiran ibu.

Yang perlu ibu ketahui adalah, setiap individu akan memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda antar individu lainnya.

Sehingga ini akan mengakibatkan proses pemulihan yang berbeda dan tidak dapat ditentukan waktunya, Selain kekebalan tubuh, pemulihan pasca caesar juga bisa di tentukan oleh seberapa parah luka sayatan yang ibu terima.

Hal lain yang bisa menghambat pemulihan luka adalah adanya penyakit yang sudah ibu derita sebelum melaksanakan operasi, seperti penyakit diabetes atau gula darah.

Tapi pada umumnya pemulihan atau penyembuhan luka pasca operasi caesar akan memakan waktu kurang lebih 4-6 minggu. Dan untuk sembuh total atau pulih 100%, akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan atau 12 minggu.

Penelitian menyebutkan luka sayatan operasi caesar pada bagian perut dari mulai kulit sampai rahim akan sembuh 100 persen, itu jika ibu tidak mengalami komplikasi setelah operasi, seperti infeksi dll.

Artikel di atas adalah untuk panduan ibu melakukan hal yang harus di lakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan selama pemulihan pasca operasi caesar agar tidak terjadinya komplikasi dan infeksi pada luka jahitan.

Sumber: https://www.allinahealth.org/

Demikian semoga bermanfaat, dan semoga ibu mendapatkan kesembuhan dengan cepat tanpa kendala apapun.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*