9 Penyebab Gatal Gatal Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

penyebab gatal gatal setelah melahirkan

“Kok kulit saya setelah melahirkan menjadi kering dan kusam yah”, “lalu, ini lagi muncul bercak merah yang gatal dan ini kok terjadi pada hampir semua bagian tubuh sih”…

Apakah ibu juga mengalami hal seperti di atas, jangan khawatir akan saya tuliskan semua tentang penyebab gatal gatal setelah melahirkan, baik caesar maupun normal dan bagaimana cara mengatasi gatal tersebut.

9 Penyebab Gatal Gatal Pasca Melahirkan

Penyebab munculnya gatal pada ibu pasca persalinan adalah karena:

  1. Peregangan pada perut selama hamil
    Saat hamil, perut ibu membesar dan terjadilah peregangan, lalu saat melahirkan maka perut ibu akan mengecil, otomatis kulit perut akan kendur, akibat proses dari peregangan ke kendur ini akan menyebabkan iritasi dan pada akhirnya akan menyebabkan gatal pada area perut.
  2. Gatal postpartum yang wajar
    Sistem kekebalan tubuh secara otomatis akan merespon kesetiap sumber yang menyebabkan tubuh alergi atau apapun keadaan yang tidak sesuai dengan tubuh kita. Dalam kasus ini reaksi sistem kekebalan tubuh menjadi berlebihan karena memang tubuh ibu sedang sangat lemah dan akibat dari reaksi ini maka tubuh akan mengeluarkan histamin dalam jumlah besar ke protein darah. Histamin yang menyebar melalui pembuluh kapiler akan bocor ke plasma kulit. Bocornya histamin ke plasma kulit inilah yang menyebabkan gatal pada tubuh. Bagian tubuh yang biasanya terkena gatal adalah punggung tangan dan kaki.
  3. Terjadinya perubahan hormon
    Perubahan hormon terjadi karena proses persalinan yang menguras tenaga, perubahan hormon ini akan memicu histamin untuk di keluarkan dalam jumlah banyak sama seperti di atas bocornya histamin ke plasma kulitlah yang menyebabkan gatal.
  4. Adanya masalah pada kalenjar  tiroid
    Kalenjar tiroid ini berhubungan dengan daya tahan tubuh, jika ibu sebelum melahirkan mempunyai masalah pada kesehatan tiroidnya, maka sistem kekebalan tubuh ibu cenderung lebih menurun sehingga histamin akan terpompa lebih banyak lagi yang akan menyebabkan gatal apda tubuh.
  5. Obat-obatan yang di masukan ke dalam tubuh
    Ibu pasca persalinan, baik caesar maupun normal sudah sewajarnya akan mengkonsumsi obat obatan penghilang nyeri maupun anti infeksi, bahkan ada yang di masukan melalui pembuluh intravena. Jika respon tubuh tidak baik terhadap obot tersebut, maka efek samping akan terjadi, efek samping inilah yang bioasanya menimbulkan gatal gatal pada tubuh.
  6. Perubahan suhu udara
    Ruang persalinan caesar maupun normal akan di seeting pada suhu yang sangat dingin, ini berguna untuk pencegahan dari infeksi akibat bakteri di ruang bersalin atau rumah sakit itu sendiri. Jika tubuh ibu tidak menerima suhu dingin ini yang terjadi adalah alergi pada saat keluar ruangan persalinan yang menyebabkan gatal gatal di tubuh.
  7. Alergi makanan
    Kebutuhan akan protein pasca persalinan membuat ibu harus mengkonsumsi makanan tinggi protein, sayangnya pasca persalinan tubuh ibu masih sangat lemah dan ada sebagian ibu yang tubuhnya tidak bisa menerima reaksi protein, sehingga timbullah alergi yang menyebabkan gatal.
  8. Reaksi alergi atau iritasi
    Reaksi alergi atau iritasi ini terjadi karena kulit ibu yang sensitif, misalnya akibat dari bahan pakaian yang ibu gunakan, iritasi dari bahan kimia dalam kosmetik, makanan tertentu, sabun dll.
  9. Stres pasca melahirkan
    Stres pasca melahirkan akan memicu gatal juga, karena jika ibu stres maka daya tahan tubuh ibupun menurun dan ini akan berkolerasi dengan perubahan hormon seperti yang di jelaskan di atas pada point ke 3.

Setelah mengetahui penyebab gatal setelah persalinan, sekarang bagaimana mengatasi gatal gatai tersebut?

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pasca Melahirkan

  • Perbanyak istirahat
    Istirahat dengan cara tidur yang cukup setidaknya 8 jam sehari adalah cara yang bijak untuk memperkuat daya tahan tubuh, karena pasca persalinan kondisi ibu sangat lemah. Jika tidak maka perubahan hormon akan membuat tubuh ibu gatal-gatal.
  • Konsumsi makanan sehat
    Selain istirahat yang cukup ibu juga perlu asupan nutrisi yang baik dan juga cairan, konsumsilah makanan yang mengandung protein dan cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum setidaknya 2 liter per hari. Dengan demikian tubuh akan cepat pulih dan akan mencegah gatal. Baca: Makanan pasca caesar.
  • Hindari stres
    Jangan bebani fikiran ibu dengan kekhawatiran yang tidak pada tempatnya, seperti fikiran ASI yang tidak keluar, memikirkan lamanya pemulihan pasca caesar dll, pasrahkan pada yang MAHA KUASA dan jalani saja prosesnya. Dengan begitu fikiran ibu akan fress dan terhindar dari stres. Yang pada akhirnya akan memperkuat imun tubuh.
  • Gunakan obat topikal
    Jika gatal yang ibu alami terasa parah atau tidak tertahankan dan sangat mengganggu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat salep topikal yang aman.
  • Kompres dengan handuk dingin
    Terkadang gatal yang ibu alami bisa diatasi hanya dengan perubahan suhu saja, caranya tinggal ibu masukan handuk ke dalam air dingin, lalu peras dan tempelkan pada area gatal. Cara ini akan efektif jika memang perubahan suhu yang menjadi penyebab gatalnya.
  • Gunakan obat antihistamin
    Jika ibu sudah konsultasi ke dokter dan mendapatkan salep topikal, tapi belum reda juga gatalnya, ibu bisa konultasikan kembali dengan dokter, dan biasanya ibu akan di berikan obat antihistamin. Cuma untuk obat antihistamin biasanya akan berpengaruh pada bayi yang menyusui maka wajib untuk mengikuti saran dokter untuk cara konsumsinya.
  • Menjaga Kebersihan
    Kebersihan adalah salah satu musuh dari bakteri penyebab gatal, jaga semua pakaian, alas tempat tidur dll untuk tetap steril, sehingga bakteri maupun binatang kecil penyebab gatal bisa menjauh.

Yang Perlu Ibu Perhatikan

Gatal pasca melahirkan, baik melahirkan secara caesar maupun normal, adalah keadaan yang di bilang wajar dan normal, bukan sesuatu keadaan yang perlu di takuti. Dan gatal-gatal setelah melahirkan ini biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Tapi, jika gatal yang ibu derita tidak kunjung hilang padahal ibu sudah mengatasinya dengan cara di atas, dan jika memang gatal yang ibu derita sudah sangat parah dan mengganggu, maka segera konsultasikan kepada dokter, untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Referensi: babycenter.com

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*