15 Persiapan Operasi Caesar Yang Penting Tapi Sering di Abaikan

persiapan operasi caesar

Persiapan Operasi caesar | Melahirkan secara caesar adalah sebuah pilihan. walaupun ada sebagian ibu yang memang terpaksa harus caesar karena kondisi tertentu yang dengannya tidak memungkinkan untuk melahirkan normal.

Untuk ibu yang akan menjalani operasi caesar, di tuntut untuk mengetahui apapun seputar operasi caesar. Baik persiapan operasi caesar, saat operasi sesar dan juga perawatan pasca caesar.

Minimnya pengetahuan ibu akan operasi sesar bisa berdampak pada lamanya penyembuhan setelah operasi caesar.

www.pascacaesar.com hadir untuk menjelaskan semua itu secara rinci dan insya ALLAH mudah di pahami, dalam artikel pertama ini akan di bahas tentang persiapan operasi caesar. Persiapan disini bukan hanya soal barang apa yang akan di bawa.

Tapi akan lebih luas lagi yaitu bagaimana kita mempersiapkan segalanya dari mental, fisik, pemilihan dokter, rumah sakit, apa yang terjadi saat operasi berlangsung dan juga pertanyaan yang biasa di kemukakan saat akan operasi caesar.

Persiapan pasien sebelum operasi caesar ini wajib di ketahui oleh ibu dan suami, agar pada pelaksanaan nanti berjalan lancar tanpa kendala dan juga berguna untuk persiapan perawatan setelah operasi caesar agar luka jahitan cepat kering. Persiapan caesar ini ada 14 point yang point tersebut saya beri No berwarna merah.

Terkadang ada ibu yang sudah paham akan persiapan operasi sesar atau sectio caesarea, tapi terluput dari 1 hal yang sangat penting, apakah itu? dan apa sajakah persiapan untuk operasi caesar ini, di bawah ini kami buatkan daftar isi untuk memudahkan ibu memilih topik (silahkan klik link yang ada pada daftar isi). Atau jika ibu mau, silahkan baca semuanya sampai akhir.

Persiapan Operasi Caesar

1. Persiapan Operasi Caesar Berhubungan Dengan Mental

persiapan-operasi-caesar-mental

Point pertama ini banyak di sepelekan dan di lalaikan oleh ibu yang akan melakukan operasi sesar, padahal point ini penting, mengapa penting?.. simak penjelasannya.

Banyak dari ibu yang akan menjalani operasi caesar menjadi cemas tentang bahaya operasi caesar dan banyak berkecamuk pertanyaan negatif di dalam pikirannya.

Jangan jangan nanti operasi tidak berjalan normal?, sakit tidak ya?, cepat tidak yah?, berapa lama operasi berlangsung?, nanti penyembuhannya lama tidak yah?, dan lain sebagainya.

Ibu…, buang pikiran negatif tersebut, mulailah berfikir positif, Karena dengan kecemasan yang tanpa alasan tersebut akan menyebabkan lamanya penyembuhan pasca caesar. lihat bagaimana banyak dari ibu yang sudah menjalani caesar dapat menjalani kehidupannya dengan normal kembali.

Ingat semua kehidupan ini tidak terlepas dari takdir ALLAH SWT, serahkan semuanya kepada ALLAH SWT dan bertawakallah, dan ingat sakit yang ibu akan rasakan, kesusahan yang akan ibu jalani itu semua bernilai ibadah dan akan berguna nanti di akhirat kelak.

Apa yang harus ibu lakukan untuk mempersiapkan mental saat operasi caesar?

  • Banyak berdoa dan tenangkan fikiran, dekatkan diri dengan yang maha kuasa
  • Berfikir positif, tanamkan dalam benak ibu bahwa semua ini mudah dan akan segera berlalu
  • Membayangkan bagaimana nanti saat bayi yang di tunggu tunggu sudah berada di samping ibu
  • Ajak suami untuk sama sama mempersiapkan persalinan dan jadikan suami sebagai tempat curhat.
  • Enjoy dan nikmati semua prosesnya

” Jangan anggap sepele tentang persiapan mental ini, karena beban fisiologis sangat berpengaruh kepada fisik ibu, dan ini akan berkorelasi dengan cepat atau lamanya proses penyembuhan pasca operasi caesar “

Kembali ke daftar isi ^

Persiapan Caesar Berhubungan Dengan Fisik

2. Usahakan banyak bergerak

Ibu di anjurkan untuk banyak bergerak supaya kondisi tubuh ibu tetap fit selama menjalani caesar dan juga agar daya tahan tubuh tidak drop pasca operasi caesar.

Apa saja gerakan yang perlu ibu lakukan?

  • Lakukan senam hamil, bagaimana caranya?, silahkan ibu baca di artikel kami disini.
  • Perbanyak jalan santai terutama di pagi hari.
  • Melakukan pekerjaan rumah yang ringan, seperti nyapu, ngepel, dan merapihkan rumah.

3. Menjaga asupan nutrisi

Banyak resiko bahaya yang tidak terduga saat menjalani operasi sesar yang di akibatkan karena asupan nutrisi yang tidak memadai, seperti ibu yang mengalami anemia saat menjalani caesar bisa di sebabkan karena kurangnya asupan zat besi juga protein.

Untuk mengurangi bahaya tersebut makanlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang, Ada banyak jenis makanan yang mengandung zat besi dan protein seperti bayam, sayuran hijau dan daging merah.

Makanan ini sangat baik untuk ibu yang akan malakukan caesar bahkan akan membantu ibu untuk segera pulih dan menyusui setelah melahirkan caesar. Untuk lebih jelasnya silahkan baca makanan pasca operasi caesar.

4. Puasa sebelum operasi

Ibu akan di wajibkan puasa selama 4-6 jam sebelum pembedahan, lakukan puasa ini dan jangan di langgar, jika di langgar maka akan berbahaya untuk tubuh ibu.

Jangan lewatkan makan dan minum yang cukup sebelum puasa, untuk memperkuat fisik ibu saat pelaksanaan operasi.

Kembali ke daftar isi ^

Persiapan Sesar Memilih Dokter dan rumah Sakit

persiapan-pasien-sebelum-operasi-caesar

5. Pemilihan dokter

Jjika ibu sudah ada rencana untuk operasi caesar, dari awal pilihlah dokter atau bidan yang menurut ibu nyaman saat periksa kehamilan maupun saat konsultasi, usahakan cari dokter yang cooperatif dalam artian, sang dokter bisa di hubungi saat ibu membutuhkannya.

Coba tanyakan No Hpnya dan tanyakan apakah boleh ibu konsultasi di saat ibu butuh melalui No tersebut, biasanya jika dokter atau bidan tersebut cooperatif akan membolehkannya.

Pemilihan dokter dari awal ini penting, karena dokter inilah yang nanti memegang semua riwayat kehamilan ibu, dan ini akan sangat berguna tatkala akan melakukan pembedahan sectio caesarea.

6. Pemilihan Klinik atau Rumah Sakit

Tahap selanjutnya adalah memilih rumah sakit tempat di mana ibu akan melakukan operasi sesar, carilah rumah sakit yang nyaman dan pelayanannya baik, untuk hal ini ibu bisa bertanya atau diskusi dengan pihak rumah sakit atau klinik untuk persiapannya.

Jika ingin melahirkan menggunakan BPJS silahkan simak penjelasan lengkapnya tentang prosedur melahirkan dengan BPJS terbaru.

Kembali ke daftar isi ^

7. Persiapan Pemeriksaan Saat di Rumah Sakit

Ibu akan melalui serangkaian pemeriksaan oleh pihak rumah sakit sebelum ibu melakukan operasi sesar, Prosedur yang umum biasanya akan di lakukan pemeriksaan kadar gula darah, darah, urin dan persiapan yang lainnya.

Ibu juga akan berdikusi dengan dokter anastesi, pemilihan anastesi ini penting agar proses persalinan dengan cara sesar ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Baca juga pemilihan anastesi untuk operasi caesar

Setelah hasil pemeriksaan keluar maka dokter bisa mengambil pertimbangan tindakan darurat jika memang di butuhkan.

Apakah ibu harus tinggal dulu di rumah sakit sebelum operasi?

Bisa iya bisa tidak tergantung dokter dan kondisi ibu, jika memang di haruskan menginap sebelum sesar maka ibu perlu untuk menikmati makanan yang di sediakan rumah sakit, kalau memang tidak selera dengan makanan yang di sediakan, ibu bisa minta tolong kepada suami untuk membelikan makanan yang ibu inginkan.

Kenapa ini di tulis disini, karena ini penting. Saat ibu tinggal sementara di RS dan di sediakan makanan yang tidak ibu sukai, maka ibu tidak memakannya, hal ini akan berdampak pada kekuatan fisik ibu, sedangkan ibu di tuntut memiliki fisik yang optimal. Ingat point di atas mengenai asupan nutrisi.

8. Persiapan Perlengkapan Yang Harus Di Bawa Ke Rumah Sakit

persiapan-caesar

9. Persiapan pembalut

Pembalut ini wajib di bawa untuk kebutuhan setelah operasi sesar, bawa pembalut khusus untuk ibu pasca melahirkan. Walaupun nanti ibu akan dapat pembalut dari rumah sakit tapi terkadang tidak sesuai dengan yang ibu butuhkan.

10. Persiapkan pakaian bayi

Seperti pembalut, pakaian bayi pun akan di berikan dari rumah sakit, tapi kemungkinan pakaian ala kadarnya, untuk menyiasatinya ibu bisa mempersiapkan atau membawa pakaian bayi yang nyaman dan sesuai untuk bayi ibu.

11. Bawa Breast Pads

Jika asi yang ibi produksi pasca caesar berlimpah, maka untuk kenyemanan ibu persiapkan breast pad, agar ASI tidak tumpah dan membasahi pakaian ibu. Gunakan breast pads sekali pakai di rumah sakit dan ibu bisa gunakan breast pad yang bisa di cuci setelah pulang.

12. Persiapan keperluan pribadi

Seperti yang kita ketahui bersama, banyak rumah sakit yang tidak menyediakan keperluan pribadi yang layak, untuk hal ini anda wajib mempersiapkannya sendiri, bawa sabun yang memang cocok dengan kulit ibu, sampho, sikat gigi, ododl, handuk, kain, pakaian dan lainnya.

13. Mempersiapkan pakaian yang nyaman

Ini sebenarnya masuk ke point persiapan keperluan pribadi, tips untuk pakaian adalah pilih yang nyaman, berbahan lembut, longgar dan bisa di buka bagian atas dan bawahnya untuk kemudahan menyusui. Siapkan pakaian lebih dari 1 agar ibu bisa leluasa menggantinya di saat kotor.

14. Lain lain yang harus ibu bawa

  • Kartu identitas (KTP)
  • Uang tunai, ATM atau Kartu kredit
  • HandPhone
  • Buku Bacaan yang Ibu Sukai Untuk Mengurangi Kejenuhan
  • Cemilan atau makanan untuk yang menyertai ibu

Beberapa Pertanyaan Umum Pasien Pra Operasi Caesar

Ibu bisa bertanya kepada dokter kandungan pra operasi, jangan malu dan takut untuk bertanya, karena ini akan membantu ibu untuk tenang dan mengurangi ketegangan dan beban psikis. Apa yang ibu ingin tanyakan?..

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh ibu yang akan menjalani persalinan dengan pembedahan sectio caesarea.

  • Apa yang terjadi jika pecah ketuban sebelum jadwal operasi caesar? Ibu akan segera di bawa ke ruang emergency dan sesegera mungkin akan lakukan proses operasi. Ibu jangan cemas, pasrahkan semuanya pada ALLAH SWT dan percayakan prosesnya pada dokter yang menangani. Ingat dampak fisiologis ibu pra caesar berpengaruh kepada penyembuhan pasca caesar.
  • Berapa lama perkiraan operasi caesar berlangsung? Dari awal pembedahan atau sayatan sampai bayi lahir membutuhkan waktu sekitar 30 menit (ini waktu paling lama). Dan untuk penutupan rahim akan membutuhkan waktu lebih lama lagi yaitu kurang lebih35 menit.
  • Berapa lama Ibu akan tinggal di rumah sakit ? Pada umumnya, ibu akan tinggal di rumah sakit selama 3 hari. Boleh pulang atau belum wewenang dokter yang menangani ibu melalui berbagai pertimbangan dan analisa, baiknya ibu tanyakan kepada doter yang menangani ibu.

Di atas ini hanya contah saja beberapa pertanyaan sepelum operasi caesar berlangsung, pada prakteknya nanti ibu bisa tanyakan apapun kepada petugas medis atau dokter yang menangani ibu.

Kembali ke daftar isi ^

Hal Lain Yang Harus Ibu Tahu Saat Operasi Caesar Berlangsung

  • Ruang Operasi. Ketahuilah bahwa ruang operasi ini sangat dingin, jika ibu tipikal orang yang tidak kuat akan suhu dingin, mintalah selimut, dan biasanya ibu akan di tawarkan selimut oleh mereka yang menangani ibu, atau ibu bisa meminta kepada petugas medis untuk menaikan suhu ruangan.
  • Kondisi lain yang tidak terduga. Kasus usus kecil melekat pada rahim, untuk kondisi ini biasanya dokter akan menghubungi ahli bedah lain untuk mengatasinya. Ibu masih merasakan sakit saat di cek apakah anastesi bekerja, biasanya dokter akan menambahkan dosis sesuai dengan kebutuhan. Kondisi yang tak terduga ini perlu ibu tahu agar ibu dapat mempersiapkan mental jika memang harus melaluinya.
  • Tubuh membengkak. Jangan kaget ketika mendapati beberapa bagian tubuh ibu membengkak, ini terjadi karena ibu menerima banyak cairan infus IV yang di berikan selama ibu menjalani operasi caesar. Dan pembengkakan akan berlangsung beberapa hari saja sampai cairan itu keluar melalui urine dan keringat.
  • Jika anastesi umum yang ibu pilih. Maka ibu tidak bisa langsung melihat bayi setelah melahirkan karena ibu baru akan sadar sekitar 1 jam.
  • Jika yang ibu pilih spinal atau epidural. Maka ibu akan tinggal sementara di ruang pemulihan sampai ibu bisa menggerakkan jari-jari kaki. Pada umumnya akan memakan waktu beberapa jam.

6 Tips Setelah Operasi Caesar:

  1. Terima jika dokter menawarkan obat untuk memperlancar BAB, jika tidak di tawari ibu bisa inisatif untuk memintanya, ini berguna karena ibu pasca caesar di larang mengejan dengan kuat.
  2. Setelah caesar jangan dulu konsumsi makanan yang padat.
  3. Segera berjalan setelah mampu dan di perbolehkan dokter, ini berguna untuk memperlancar peredaran darah dan akan membantu pemulihan.
  4. Perbanyak istirahat dan tidur minimal 8 jam pasca operasi caesar, untuk memulihkan tubuh sehabis caesar.
  5. Konsumsi makanan yang di anjurkan setelah caesar, silahkan baca: 5 makanan pasca caesar.
  6. Kunyah permen karet untuk mempermudah BAB, baca alasannya disini.

Demikianlah beberapa persiapan operasi caesar untuk ibu yang akan menjalani persalinan dengan cara sesar, semoga bermanfaat.

Dan jika bermanfaat silahkan bagikan ke social media, agar banyak ibu yang merasakan manfaatnya.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bedah_sesar

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*