9 Cara Mengecilkan Perut Besar Setelah Melahirkan Caesar

perut besar setelah operasi caesar

Perut masih besar setelah operasi caesar merupakan momok yang menyebalkan bagi sebagian besar wanita “begitupun saya”, karena penampilan saya akan terlihat tidak menarik, tapi untungnya ada cara yang sebenarnya sangat sederhana tapi efektif untuk mengecilkan perut buncit setelah operasi caesar, tentu jika dilakukan dengan berkesinambungan.

Tapi sebelum saya tuliskan bagaimana cara mengatasi perut yang tetap besar setelah melahirkan caesar, sebaiknya ibu juga harus tahu beberapa hal terkait kondisi perut pasca persalinan caesar, seperti, berapa waktu yang di butuhkan oleh perut agar kembali normal? dan apa penyebab perut menjadi besar setelah caesar?.

Berapa Waktu Yang Di Butuhkan Agar Bentuk Perut Buncit Setelah Operasi Caesar Kembali Normal?

Harus ibu tahu dan pahami, selama 9 bulan rahim dan perut ibu melakukan peregangan karena adanya bayi pada rahim, tentu karena peregangan atau melarnya perut ibu selama 9 bulan ini, akan menyebabkan perut membutuhkan waktu lama untuk kembali ke keadaan seperti sebelum hamil. Dan ini adalah hal yang wajar, ibu hanya butuh kesabaran ekstra untuk menunggu perut besar pasca caesar kembali ke keadaan normal.

Dan waktu yang dibutuhkan antar ibu untuk mengembalikan bentuk perut besar juga berbeda beda, tergantung dari beberapa faktor yaitu:

  • Berapa kenaikan berat badan ibu selama kehamilan
  • Keturunan
  • Bentuk tubuh dan juga ukuran tubuh sebelum ibu hamil
  • Berapa sering ibu melakukan olah raga atau aktifitas
  • Asupan makanan yang ibu konsumsi

Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan Caesar

Penyebab perut buncit setelah operasi caesar ini juga akan berkolerasi dengan cara mengecilkan perut setelah persalinan caesar, agar bahasan atau cara yang akan saya tuliskan bisa nyambung dan ibu akan lebih semangat dalam mempraktekannya, silahkan simak.

1. karena banyak memakan makanan yang manis

Makanan manis ini akan menjadi lemak jika ibu tidak banyak bergerak atau olahraga, karena makanan manis akan menjadi energi, saat setelah caesar ibu akan sangat terbatas pergerakannnya, sehingga gula tidak di ubah menjadi energi tapi malah menjadi timbunan lemak di perut.

2. Karena banyak konsumsi karbohidrat

Memang masalah perut besar tidak jauh dengan yang namanya makanan, terutama karbohidrat ini, karbohidrat ini akan berubah menjadi gula dan menjadi energi, saat tidak banyak bergerak maka energi tidak terbentuk malah akan menjadi lemak seperti makanan yang manis di atas.

3. Karena produk olahan susu

Produk olahan susu seperti es krim, susu bubuk dan lain-lain jika di konsumsi secara berlebih maka akan berdampak pada bertambahnya berat badan yang pada akhirnya akan membuat perut menjadi besar, kurangi konsumsi makanan olahan susu tersebut selama masa penyembuhan pasca caesar.

4. Kurang bergerak atau olahraga

Memang benar selama masa pemulihan pasca caesar, ibu akan kesulitan dalam melakukan aktifitas dan ini otomatis mengurangi tubuh dalam membuang energi, tapi sebaiknya setelah bisa berjalan, lakukanlah olahraga ringan agar membuang kalori dalam tubuh.

5. Karena adanya masalah pencernaan

Masalah pencernaan akan membuat perut buncit, seperti kembung dan perasaan tidak nyaman pada perut, jadi masalah perut besar pasca caesar tidak hanya masalah lemak saja, tapi jika ada masalah pencernaan maka perutpun akan buncit.

6. Karena Kurang Tidur

kurang tidur juga dapat menyebabkan perut besar, karena memang ibu pasca caesar akan sangat sibuk mengurus bayi yang baru di lahirkannya, tapi sebisa mungkin tidur dengan cukup agar perut tidak membesar setelah operasi caesar.

7. Karena stres

menurut beberapa penelitian stres pada ibu pasca melahirkan akan berdampak kepada secarnya perut, sehingga sebisa mungkin rileks dan nikmati masa masa pemulihan pasca caesar, agar terhindar dari perut besar pasca caesar.

8. Karena ketidak seimbangan hormon

Perut membesar setelah caesar bisa juga terjadi karena ketidak seimbangan hormon, yang akan menyebabkan perut kembung tapi jangan khawatir karena hal ini akan membaik dan kembali normal dengan sendirinya.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar

Baik, sekarang setelah mengetahui penyebab mengapa perut menjadi buncit atau besar pasca persalinan caesar, berikutnya adalah bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar.

1. Dengan cara menyusui

Kegiatan menyusui bayi bagi ibu sehabis melahirkan caesar sangat menyenangkan, karena air susu ibu menjadi makanan yang paling baik untuk anak ibu, tapi tidak hanya itu, dengan menyusui berarti ibu telah mengurangi kalori sebanyak 5000 kalori perhari.

Dengan berkurangnya kalori sebanyak itu maka berdampak pada penurunan berat badan ibu secara cepat yang berarti perut kecil akan segera terbentuk, maka setelah melahirkan segeralah susui sang buah hati untuk hasil yang maksimal dan ini akan baik bagi kesehatan sang buah hati maupun untuk menurunkan berat badan ibu.

2. Lakukan latihan duduk tegak

Pasca caesar ibu akan banyak duduk, dan kebanyakan posisi duduknya dengan tidak tegak, sehingga lama kelamaan tubuh akan merosot, disarankan oleh ahli kebugaran untuk latihan duduk dalam posisi tubuh tegak agar.

Lalu apa hubungannya postur yang tegak dengan mengecilkan perut, dengan tegaknya tubuh secara tidak langsung akan menekan perut kedalam, ini artinya perut ibu akan terlihat ramping, silahkan praktekan dan lihat hasilnya.

3. Minum air putih yang cukup

Tubuh sangat membutuhkan cairan, terutama ibu pasca caesar, dengan memperbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari maka akan berfungsi sebagai detok bagi tubuh kita, memperlancar pencernaan dan memperlancar metabolisme tubuh, pada akhirnya tubuh akan langsing secara otomatis yang berarti perut ibu akan kembali ke keadaan normal kembali.

4. Berjalan kaki secara rutin

Dengan berjalan kaki secara teratur akan membantu mengencangkan otot perut yang kendur, dan lakukan jalan kaki sesuai dengan kemampuan, jangan terlalu memaksakan untuk berjalan jauh, jika di lakukan secara teratur, walaupun jaraknya dekat maka akan berdampak signifikan terhadap perut ibu.

Pembakaran lemak di perut dan juga bertambah kuatnya otot kaki adalah beberapa manfaat lainnya dari olah raga ringan ini, lakukan jalan santai dan jika mampu selingi dengan jalan yang lebih cepat, agar tujuan kita mengecilkan perut pasca caesar bisa terwujud.

5. Berenang

Berenang adalah olahraga yang aman untuk ibu pasca caesar karena renang ramah terhadap persendian dan otot, tapi pastikan sebelum berenang ibu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan pastikan kondisi jahitan juga daerah perut sudah bebas bergerak tanpa sakit.

Lakukan renang dengan santai, pakai gaya kupu-kupu saja, karena gaya inilah yang paling ringan untuk di lakukan, dengan renang maka otot perut akan kencang dan pernafasan ibu juga akan membaik, yang jelas renang adalah olahraga yang sangat baik untuk mengecilkan perut besar setelah operasi caesar.

6. Jaga pola makan

Semua latihan di atas adalah berkaitan dengan gerak tubuh atau fisik, jika ibu sudah melakukan semua latihan di atas, tapi tidak menjaga pola makan yang sehat, maka hasilnya tidak akan maksimal bisa jadi malah perut semakin membesar.

Makanlah makanan yang rendah lemak dan rendah kalori, tapi tidak perlu ekstrim dalam membatasi makanan yang masuk sesuaikan dengan kebutuhan ibu, karena harus di ingat kondisi ibu pasca caaesar masih sangat perlu nutrisi yang seimbang, jika melakukan pembatasan secara ekstrim malah akan menimbulkan penyakit.

7. Makan sedikit tapi sering

Makan sedikit tapi sering jauh lebih baik dari makan sekaligus banyak dalam hal mengecilkan perut besar pasca caesar, mengapa demikian?.

Karena dengan ibu makan sedikit maka energi yang di hasilkan dari makanan bisa langsung terserap tubuh, setelah terserap tubuh lalu makan lagi dan akan terserap kembali begitu seterusnya, jadi tidak ada kesempatan makanan yang menjadi lemak dalam perut karena tidak terserap sempurna.

kebalikannya jika ibu makan sekaligus banyak, maka sisa makanan yang tidak di ubah menjadi energi akan mengendap dalam perut dan akhirnya menjadi lemak.

8. Jalankan pola hidup sehat

Di atas adalah sebagian pola hidup sehat yang harus ibu lakukan, yaitu menjaga asupan makanan, dan olahraga secara teratur walaupun olah raga ringan, hal lainnya adalah jaga kondisi tidur agar durasi tidur cukup dan kualitas tidur yang baik.

Juga yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari stres, nikmati semua langkah langkah pemulihan pasca caesar dan lepaskan beban dengan tidak memikirkan apapun secara berlebihan, tawakal dan ikhlas atas semua takdir yang ALLAH SUBHANAHUATAALA berikan kepada ibu

9. Jangan diet

Diet identik dengan menahan keinginan untuk memakan makanan sekuat mungkin, dan ini sangat tidak di anjurkan, karena kondisi ibu dalam keadaan belum pulih dari luka operasi dan juga ibu harus tetap menyusui sang buah hati, jika diet seperti yang dilakukan pada umumnya ibu lakukan maka hasil yang di dapat malah akan membuat ibu lemah dan sakit.

Cukup diet yang saya tuliskan di atas, dengan menahan makanan yang manis, makan dengan porsi kecil tapi sering dan lakukan olahraga secara rutin sesuai dengan kemampuan, insya ALLAH akan berdampak pada cepatnya pemulihan pasca caesar dan bisa mengecilkan perut yang besar setelah operasi caesar.

Kesimpulan

Kesimpulan dari cara mengecilkan perut besar pasca persalinan sesar adalah cukup mudah, benar cukup mudah, karena yang di butuhkan oleh ibu hanyalah motivasi yang besar, karena tanpa motivasi ibu tidak akan melakukan semua hal di atas secara berkesinambungan.

Demikian artikel kali ini dengan tema cara mengecilkan perut besar setelah melahirkan caesar, semoga cara cara yang saya sampaikan ini berguna dan bermanfaat.

Baca juga:

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*