Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar Yang Salah Sebabkan Luka Sobek

posisi-tidur-pasca-operasi-caesar

Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar | Memang banyak sekali aturan jika ibu menjalani persalinan dengan cara operasi caesar, Tapi itu semua sangat di perlukan agar penyembuhan atau pemulihan pasca caesar berjalan dengan cepat.

Salah satu aturan tersebut adalah posisi tidur setelah operasi caesar, seperti kita ketahui bersama persalinan dengan cara caesar adalah pembedahan di daerah perut, dan proses pembedahan akan menyebabkann luka yang dalam pada bagian perut.

Untuk treatment penyembuhan luka pasca caesar tersebut perlu di lakukan dengan cara spesial, agar luka jahitan tidak infeksi yang akan berakibat lamanya proses pemulihan. Untuk proses pemulihan pasca caesar agar luka cepat kering bisa ibu baca di artikel ini.

Di artikel kali ini akan di bahas tentang posisi tidur pasca operasi caesar, bagaimana caranya, bagaimana tips agar nyaman jika kita memilih posisi tidur tersebut, bagaimana cara bangun dari tempat tidur, dan apakah posisi tidur yang salah menyebabkan luka sobek. Simak penjelasannya di bawah ini.

Sebenarnya posisi tidur pasca caesar semuanya boleh dan bisa dilakukan, baik tengkurap, miring, telentang dan posisi tidur bersandar atau 45 derajat, tentu dengan memperhatikan aturan dan  kondisi.


Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar Telentang

posisi tidur pasca operasi caesar telentang

Posisi ini boleh di lakukan kapanpun ibu mau, karena posisi ini tidak akan membebani area sayatan setelah operasi, dan beberapa ibupun menyukai posisi tidur dengan telentang, tapi yang perlu di perhatikan adalah:

Pada posisi ini ibu akan sulit untuk bangun dari tempat tidur, karena tatkala bangun akan memberikan tekanan kepada area perut, sebaiknya di saat awal ibu caesar ada suami atau orang yang mendampingi ibu.

Tips agar nyaman saat tidur dalam posisi telentang:

  • Taruh bantal di bawah lutut dan kosongkan bagian tengah antara lutut dan perut. Hal ini akan memberikan kenyamanan pada area punggung bawah ibu.
  • Gunakan pakaian yang longgar untuk membebaskan pergerakan ibu

Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Miring

posisi-tidur-setelah-operasi-caesar-miring

Posisi tidur miring boleh di lakukan dan posisi ini juga menjadi favorit jika ibu akan menyusui, tapi posisi tidur miring tidak di sukai oleh beberapa ibu pasca caesar, karena menekan area perut.

Apakah posisi ini aman untuk ibu pasca caesar? Insya ALLAH aman karena beban yang di terima perut masih dapat di tolerir.

Tips nyaman saat memilih tidur posisi miring

  • Taruh bantal di antara kedua lutut. Dengan cara ini dapat menstabilkan panggul dan tulang belakang Ibu.
  • Untuk menambah kenyamanan letakkan juga bantal di bawah kepala atur posisi senyaman mungkin.
  • Taruh bantal di depan perut untuk perlindungan dan juga tentunya akan lebih nyaman.

Posisi tidur miring juga bisa memperlancar ASI, untuk tidak mengubah posisi ibu saat menyusui letakan bayi di sisi ibu oleh suami atau saudara yang membantu.

Posisi tidur 45 derajat

posisi tidur bersandar 45 derajat pasca sesar

Posisi tidur yang satu ini kalau di rumah sakit mudah di lakukan karena ranjang di rumah sakit biasanya di lengkapi dengan control electric maupun yang manual untuk menaikkan posisi kepala sampai 45 derajat.

Posisi tidur ini berguna untuk membantu pernafasan dan tidur nyenyak setelah operasi caesar. Karena ibu pasca persalinan caesar maupun persalinan normal punya resiko lebih besar terhadap Obstructive Sleep Apnea “OSA”.

Penyebabnya adalah karena adanya fluktuasi hormon sebelum dan sesudah kehamilan, Fluktuasi hormon ini akan menekan jalur pernapasan dengan tidak semestinya.

Dengan meletakan bantal di kepala sehingga membentuk 45 derajat akan membantu ibu untuk tidur nyenyak dan membuat napas menjadi lega.

Tips untuk tidur dengan posisi 45 derajat

Minta tolong suami atau orang lain untuk menempatkan beberapa bantal di kepala, lalu ibu coba tidur, jika merasa ketinggian atau kerendahan bisa ibu tambah atau kurangi sampai posisi ibu benar benar nyaman.

Posisi tidur tengkurap

posisi-tidur-tengkurap

Posisi tidur tengkurap mungkin membuat ibu risih, karena posisi tidur ini akan menekan area perut, tapi tahukah ibu kalau posisi ini sebenarnya posisi terbaik untuk ibu pasca caesar menurut dokter dan ahli kebidanan, mengapa demikian?.

Alasannya adalah karena posisi tidur ini akan membuat rata area perut atau area jahitan, tentu posisi ini bisa ibu lakukan setelah waktu tertentu, biasanya 3-6 bulan tergantung kondisi jahitan.

Jika ibu beragama islam, tentu jangan praktekan posisi ini, karena tidur tengkurap di larang dalam islam karena menyerupai tidurnya setan.

Baca juga operasi caesar menurut islam

Posisi Tidur Pasca Caesar Terbaik

Setelah membaca artikel di atas, lalu manakah cari tidur yang paling baik dan di rekomendasikan?

Jawabannya adalah:

“Semua posisi bisa ibu praktekan dan silahkan pilih posisi tidur yang paling nyaman menurut ibu”

Yang menjadi point disini adalah KENYAMANAN, jika posisi tidur yang ibu pilih tidak nyaman, maka mustahil ibu dapat tidur dengan nyenyak.

Lalu apa yang bisa menyebabkan masalah pada ibu pasca caesar berkaitan dengan posisi tidur?

Yang menjadi masalah bagi ibu pasca caesar berkaitan dengan posisi tidur adalah perpindahan posisi tidur dan saat bangkit dari tempat tidur, jika kontraksi di perut berlebih maka bisa mengakibatkan terbukanya luka jahitan.

Perpindahan posisi dari posisi satu ke posisi lainnya

  • Karena perpindahan atau gerakan ini akan menyebabkan tegangnya area perut akibat kontraksi otot perut yang akan terasa sakit.

Bangun dari tidur

  • Sama dengan perpindahan posisi tidur di atas, bangun dari tidur juga akan membuat kontraksi otot perut dengan kekuatan berlebih.

Memang posisi tidur pasca sesar membuat tidak nyaman tapi belum tentu posisi tidur itu menyebabkan sakit, Namun rasa sakit lebih di karenakan perpindahan posisi dan bangkit dari tempat tidur, karena ini akan menyebabkan tegangnya otot perut yang berakibat pada timbulnya rasa sakit.

Cara Bangun Tidur Pasca Operasi Caesar Yang Tepat

Tidak perduli bagaimana tidur ibu tapi yang lebih penting adalah untuk berhati-hati saat pindah posisi dan bangun dari tidur, berikut kami tuliskan bagaimana bangkit dari tempat tidur selama perawatan pasca caesar berlangsung.

Berikut adalah cara bangun dari tidur pasca operasi sesar:

  1. Miringkan tubuh Ibu
  2. Tekuk lutut Ibu sampai kaki Ibu menggantung di samping ranjang atau tempat tidur
  3. Gunakan tangan Ibu untuk mengangkat tubuh bagian atas sehingga Ibu bisa duduk di tepi tempat tidur
  4. Untuk berdiri dorong dengan tangan Ibu
  5. Tetap diam sejenak untuk memastikan Ibu sudah siap
  6. Usahakan Ibu fokus pada objek di ruang yang dapat ibu lewati
  7. Jika Ibu merasa pusing jangan paksakan, tapi duduklah kembali

Cara kembali ke tempat tidur:

  1. Duduk terlebih dahulu di tepi ranjang atau tempat tidur
  2. Dengan perlahan angkat atau ayunkan kaki Ibu kembali ke tempat tidur
  3. Gunakan tangan ibu untuk menopang tubuh saat akan berbaring

Yang harus menjadi perhatian:

  • Jangan gunakan tangan secara berlebihan
  • Hindari memutar tubuh bagian atas
  • Usahakan jangan menahan nafas saat ibu bergerak

Kasus robeknya jahitan memang jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak ada resikonya terutama pada awal pasca caesar, jadi untuk berhati hati saat bangun dari tidur adalah hal bijaksana yang harus ibu lakukan.

Baca juga: Tanda jahitan pasca caesar bermasalah

Demikian penjelasan posisi tidur pasca operasi caesar yang harus ibu ketahui, semoga bermanfaat, silahkan share ke social media agar lebih banyak lagi ibu yang akan mendapatkan manfaatnya. Terimakasih…

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*