Prosedur Melahirkan Caesar Dengan BPJS Terbaru Secara Detail

prosedur-melahirkan-caesar-dengan-bpjs

Prosedur melahirkan caesar dengan BPJS, mungkin yang terpikir oleh kita kebanyakan adalah, ribet, birokrasi dan administrasi yang tidak jelas, dan banyak lagi keluhan lainnya.

Semua itu bisa terjadi Karena kita tidak mengetahui prosedur yang tepat, sehingga banyak menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu.

Seperti persyaratan dokumen yang kurang, kartu tidak aktif, adanya tunggakan dan lain sebagainya.

Di sini saya akan jelaskan secara terperinci bagaimana prosedur melahirkan caesar dengan BPJS dan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Yang saya gunakan sebagai faskes tingkat 1 adalah KLINIK dan bukan PUSKESMAS lalu saya mengurus kelahiran secara caesar di rumah sakit swasta.

Untuk itu kemungkinan akan ada sedikit perbedaan dengan ibu jika faskes tingkat 1 nya puskesmas dan pemilihan rumah sakit untuk caesarnya berbeda.

Yang harus di perhatikan adalah suami istri harus sudah mempunyai kartu BPJS yang aktif dan tidak ada tunggakan, juga ibu sudah melakukan pemeriksaan kandungan di rumah sakit tujuan pakai BPJS.

Inilah Prosedur Melahirkan Caesar Dengan BPJS Secara Terperinci

√ 1 – Persiapan Dokumen

Persiapan awal yang harus di penuhi adalah dokumen, jika tidak di persiapkan maka sangat akan merepotkan, apa saja dokumen yang perlu di persiapkan:

  • Kartu Kelurga
  • KTP
  • Kartu BPJS asli milik ibu yang akan caesar

Ke 3 dokumen tersebut di fotocopy masing masing sebanyak 10 lembar.

Kok banyak sekali, untuk apa saja fotocopy dokumen tersebut?

Fotocopy dokumen tersebut akan di gunakan saat pemeriksaan, saat pendaftaran rawat inap dan juga akan di gunakan untuk mengurus kartu BPJS bayi yang akan lahir.

√ 2 – Periksa Kehamilan Di Rumah Sakit Tujuan Caesar Dengan BPJS

Perlu di ketahui untuk dapat operasi caesar dengan BPJS dan biayanya di tanggung sepenuhnya harus ada alasan medis. baca keterangannya agar biaya caesar di tanggung penuh BPJS di sini.

Dan jika sudah ada keharusan operasi caesar selama pemeriksa kehamilan di Faskes 1, maka ibu harus melakukan pemeriksaan di rumah sakit rujukan minimal 1 kali menggunakan BPJS.

Surat rujukan akan di berikan oleh dokter atau bidan di faskes tingkat 1. Bawa rujukan dari Faskes tingkat 1 tersebut untuk pemeriksaan di rumah sakit yang ibu pilih untuk pelaksanaan operasi caesar.

√ 3 – Penentuan Kapan Tanggal Operasi dan Pendaftaran Rawat Inap

Setelah usia kandungan cukup dan kondisi bayi yang di kandung oleh dokter dinilai normal  maka 1 minggu sebelum melahirkan biasanya dokter akan menentukan tanggal pelaksanaan caesar .

Tahapan yang harus di lewati secara rinci adalah sebagai berikut:

  • Dokter akan menentukan tanggal pelaksanaan operasi caesar, kemudian dokter akan memberikan surat rujukan juga formulir untuk melakukan pemeriksaan darah.
  • Setelah dapat surat keterangan dan formulir untuk chek darah dari dokter, selanjutnya Ibu pergi ke kasir untuk membayar pemeriksaan lab. Karena pemeriksaan golongan darah tidak di cover BPJS maka ibu harus membayar sebesar 30.000.
  • Setelah beres pembayaran selanjutnya ibu menuju ke lab untuk diambil sample darah.
  • Sambil menunggu hasil chek darah biasanya sekitar 1 jam, Ibu bisa mengurus administrasi pada bagian administrasi rawat inap.
  • Berikan surat permintaan rawat inap yang ibu dapat dari dokter kandungan. Bagian administrasi akan meminta foto copy KTP, KK dan kartu BPJS Ibu.
  • Lalu bagian adminstrasi rawat inap akan memberikan surat / formulir untuk rawat inap, Serahkan kembali surat tersebut ke bagian VK dengan hasil tes darah dari Lab.
  • Lalu tunggu info dari bagian adminstrasi biasanya akan di hubungi Via phone.
  • Atau bisa juga ibu sudah di beritahu kapan masuk ke rumah sakit untuk rawat inap, biasanya 1 hari sebelum pelaksanaan caesar. Jika operasi di jadwalkan hari selasa, maka hari senin ibu sudah harus rawat inap.
  • Setelah masuk rumah sakit untuk rawat inap pada tanggal yang sudah di tentukan, ibu kembali ke bagian administrasi rawat inap untuk mengurus pendaftaran.
  • Saat pemeriksaan darah oleh Lab dan jika hasilnya ibu harus transfusi darah karena hb rendah maka ibu di minta menyiapkan atau membeli sendiri 1 kantung darah seharga 360.000.
  • Untuk uangnya nanti di ganti oleh pihak rumah sakit, karena biaya transfusi darah di cover oleh BPJS (tapi ibu perlu keluar uang dahulu untuk membelinya)

√ 4 – Pelaksanaan Operasi Caesar

Akhirnya pelaksanaan operasi caesar bisa di lakukan sesuai dengan waktu yang sudah di jadwalkan.

Ada hal-hal yang perlu di ketahui saat operasi caesar berlangsung.

Seperti jika usus menempel pada rahim, keadaan tubuh setelah operasi dan keadaan ruang operasi, untuk membacanya silahkan ibi klik Keadaan saat operasi berlangsung

√  5 – Mengaktifkan BPJS Bayi Yang Baru Lahir

prosedur melahirkan caesar dengan bpjs_compressed

Proses selanjutnya yang perlu di lakukan adalah mengurus dan mengaktifkan BPJS bayi yang akan ibu lahirkan, agar nanti perawatan bayi bisa di tanggung oleh BPJS.

  • Siapkan dokumen berupa foto copy kk, ktp dan bpjs ibu dan bisa di lakukan sambil menunggu proses operasi berlangsung.
  • Setelah proses persalinan dengan caesar selesai dengan selamat, tinggal tunggu surat keterangan lahir dari rumah sakit.
  • Jika sudah mendapatkan surat keterangan lahir, segera foto copy surat keterangan lahir tersebut.
  • Lalu pergi ke kantor BPJS dengan membawa foto copy surat keterangan lahir, surat keterangan permintaan rawat inap ibu dan bayi, foto copy KK, KTP dan kartu BPJS ibu.
  • Sebaiknya bawa juga semua dokumen asli di atas untuk jaga-jaga jika diminta petugas bpjs. Batas waktu 3x hari kerja atau bisa juga sebelum bayi dan ibu pulang ke rumah.
  • Minta kepada petugas BPJS untuk mengaktifkan pembayaran BPJS bayi yang baru dilahirkan setelah itu lakukan pembayaran, Bisa via Indomaret, Alfamart dan ATM dan foto copy bukti pembayaran yang ibu dapat.
  • Setelah pembayaran di lakukan dan ibu sudah mendapatkan buktinya lalu pergi ke bagian cetak kartu.
  • Serahkan copy surat keterangan lahir, bukti pembayaran, foto copy KK, KTP dan kartu bpjs ibu, lalu tunggu sampai kartu BPJS bayi dicetak.
  • Jika kartu bpjs bayi sudah ibu terima langkah  selanjutnya adalah foto copy sebanyak 5 lembar dan lebih baik juga di laminating, lalu berikan kepada bagian administrasi rawat inap dengan tambahan foto copy kartu bpjs ibu dan foto copy ktp ibu.
  • Setelah melewati tahapan seperti yang saya jabarkan diatas maka adminstrasi untuk proses melahirkan dengan operasi caesar sudah selesai.
  • Sekarang tinggal menunggu ibu dan bayi pulang ke rumah.

Note: Saat pertama melakukan pembayaran untuk bayi, yang akan di bayarkan hanya tagihan sesuai dengan kelasnya, jadi nanti yang di berikan petugas BPJS berupa No. Virtual bayi.

Hal Penting Terkait Prosedur Melahirkan Caesar Dengan BPJS

  1. Ibu harus sudah memiliki kartu bpjs maksimal 14 hari sebelum melahirkan
  2. Ibu sudah pernah periksa kehamilan pakai BPJS
  3. Siapkan dokumen berupa, asli dan foto copy kartu keluarga (KK) KTP dan kartu BPJS ibu
  4. Usahakan selalu bawa ke tiga dokumen tersebut

Prosedur melahirkan caesar dengan BPJS di atas di sadur dari pengalaman pribadi suami pasien yang melakukan persalinan secara caesar menggunakan BPJS Kesehatan.

Seperti di tuliskan di atas, mungkin saja prosedurnya akan sedikit berbeda dengan yang akan ibu alami, tapi pada intinya atau garis besarnya adalah sama.

Jika melakukan prosedur seperti yang saya jabarkan di atas, maka semua biaya operasi caesar akan gratis, kecuali yang tidak di cover, seperti susu formula, cek darah dan perban anti air yang akan di gunakan ibu saat pulang ke rumah.

Demikian prosedur melahirkan caesar dengan BPJS berdasarkan pengalaman nyata, dan alangkah baiknya jika ibu juga aktif bertanya kepada pihak terkait, seperti pihak BPJS dan rumah sakit agar pada pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*