Sakit Pinggang setelah Melahirkan Caesar

Sakit Pinggang setelah Melahirkan Caesar | Nyeri pada pinggang setelah melahirkan merupakan hal yang umum terjadi dan ibu sebenarnya tidak perlu khawatir akan hal ini karena rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Tapi memang ada beberapa kasus dimana sakit pinggang terasa sangat mengganggu dan tidak hanya pada pinggang tapi  rasa sakit juga terjadi pada punggung dan daerah panggul atau bokong. Sehingga keadaan ini membuat ibu akan terasa sulit atau nyeri saat berjalan dan ketika ingin membalikkan badan atau ingin bangun dari tidur.

Dan ada juga bahaya sakit pinggang yang jika ibu tidak mengetahuinya akan menyebabkan nyeri pospartum, maka untuk kasus ini perlu di lakukan penanganan agar meredakan rasa nyeri tersebut.

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab sakit pinggang pasca persalinan caesar ini?, dan bagaimana cara mengatasi rasa sakit pinggang pada ibu pasca caesar ini?, berikut akan saya tuliskan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

sakit pinggang setelah melahirkan caesar

Penyebab sakit pinggang ini sebenarnya tidak hanya di alami oleh ibu yang melahirkan secara caesar saja, tapi juga akan di alami oleh ibu yang melahirkan secara normal, berikut penyebabnya yang saya kutip dari dr. Muhammad Fadhil di alodokter:

1.Karena Dampak Proses Kehamilan

Rasa nyeri pada pinggang pasca persalinan caesar sebenarnya masih ada hubungannya dengan rasa nyeri yang ibu alami sewaktu hamil, terutama kehamilan pada trimester akhir. Rasa nyeri pada trimester akhir ini yang di rasakan pada daerah pinggang dan sekitarnya karena berubahnya titik berat tubuh yang akan cenderung condong ke arah depan. Hal ini akan menjadi beban yang besar pada tulang belakang ibu.

2. Karena Faktor Hormonal

Rasa nyeri pada pinggang setelah melahirkan caesar di pengaruhi juga karena keterlibatan faktor hormonal yang akan menyebabkan beberapa sendi menjadi tidak stabil dan mudah nyeri. Dan rasa nyeri ini biasanya akan hilang dalam kurun waktu beberapa bulan seiring normalnya hormonal ibu.

3. Meningkatnya Hormon Relaksasin

Meningkatnya hormon relaksasin terjadi selama masa kehamilan, efek dari meningkatnya hormon ini adalah melunaknya ligament seluruh tubuh sehingga membuat otot abdomen dan persendian tulang panggul merenggang. Akibatnya otot yang ada di sekitar pinggang dan panggul mempunyai beban yang besar untuk menopang tubuh. inilah yang menyebabkan sakit pinggang setelah melahirkan caesar.

4. Anastesi Epidural Saat Proses Persalinan Caesar

Anastesi Epidural dilakukan jika ibu mengalami proses persalinan yang lama dan sulit sehingga harus dilakukan suntikan yang dimasukkan ke dalam sumsum tulang belakang. Tindakan ini akan memicu sakit pinggang setelah melahirkan caesar.

5. Karena Melakukan Aktifitas Yang Membebani Tubuh

Setelah operasi caesar ibu di larang melakukan aktifitas yang akan membebani tubuh, karena otot – otot ibu masih sangat lemah. Jika hal ini di lakukan maka pinggang ibu akan terasa sakit, aktifitas yang membebani tubuh contohnya adalah Menggendong bayi, pada saat menyusui posisi ibu tidak ergonomi dan duduk dengan posisi membungkuk.

6. Karena Ibu Kurang Bergerak

Pasca caesar yang mau tidak mau ibu harus banyak berbaring di tempat tidur selama kurang lebih 3 bulan, hal ini membuat otot di sekitar panggul tidak banyak bergerak sehingga terjadi tekanan pada pinggang inilah yang menebabkan sakit pinggang pasca caesar.

Bahaya Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

Persalinan caesar yang ibu jalani akan mengharuskan ibu untuk banyak berbaring di tempat tidur, kurang lebih hampir 3 bulan lamanya. ini membuat otot di sekitar panggul tidak banyak bergerak sehingga terjadi tekanan pada pinggang, Lihat point 6 diatas.

Keadaan ini bisa memperburuk kondisi nyeri Postpartum dan Kondisi ini tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh masalah lain. Seperti gejala Symphisis Pubis Disfunction (SPD) atau Pain Girdle Pelvis (PGP). Yang mana ini merupakan suatu kondisi yang menjadi penyebab nyeri pada satu atau lebih sendi panggul dan daerah bokong, sehingga membuat sulit untuk berjalan.

Jika ibu merasakan sakit pinggang setelah melahirkan caesar seperti di atas, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter dan konsultasikan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan secara meyeluruh.

Seperti pemeriksaan menggunakan Ultrasonografi (USG) untuk mencari kemungkinan penyebab dari nyeri pinggang tersebut. Jika sudah diketahui penyebabnya maka dokter akan memberikan tindakan. Seperti memeberi obat pereda rasa nyeri, masehat atau saran yang harus dilakukan. Atau jika keadaannya serius dokter akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis saraf dan penyakit dalam atau ke dokter ortopedi.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Secara Caesar

  1. Pada saat 6 minggu pertama setelah operasi operasi usahakan untuk menghindarkan diri dari melakukan aktifitas yang terlalu berat.
  2. Setelah 6 minggu melahirkan caesar ibu di anjurkan untuk memulai olahraga ringan, tapi sebelumnya ibu konsultasikan dan meminta izin kepada dokter yang memeriksa ibu. Ibu bisa memulai olah raga dengan melakukan peregangan selama 10 menit/hari, dan sebaiknya lakukan ketika bayi sedang tidur. Tujuan latihan ini  untuk menguatkan kembali otot perut dan tulang belakang.
  3. Turunkan berat badan ibu, indikatornya bisa di lihat apakah perut ibu masih besar setelah caesar, untuk caranya silahkan baca cara mengatasi perut besar setelah operasi caesar.
  4. Ketika ibu akan menggendong buah hati, usahakan ibu mendekat kepada sang buah hati, agar tangan ibu saat mengangkat bayi tidak dalam keadaan teregang, sehingga akan terasa lebih mudah dan enteng.
  5. Jika ibu akan mengambil benda apapun dari bawah atau lantai, jangan membungkuk, tapi ambillah dalam keadaan ibu berlutut. Hal ini agar tumpuan tidak pada pinggang, tapi pada paha ibu, dan ini juga akan melatih otot perut ibu.
  6. lakukan pijat ringan pada daerah pinggang, minta tolonglah kepada suami atau kerabat ibu untuk memijatnya, dan gunakan minyak zaitu sebagai pelicinnya.
  7. Jika sakit pinggang tidak juga reda minumlah obat pereda nyeri seperti Acetaminofen.
  8. Jika setelah minum obat penghilang sakit, ternyata masih terasa nyeri, maka sebaiknya ibu periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan, seperti bahaya sakit pinggang di atas.

Demikian postingan kali ini tentang sakit pinggang setelah melahirkan caesar, semoga bermanfaat.

Baca juga: Buah Setelah Caesar

About Dedeh Mardiani S.Tr.Keb

Bergerak di bidang kesehatan lingkungan, kebidanan, kehamilan dan konsultasi tentang operasi caesar.
Saat ini sedang study pada fakultas kesehatan di Stikes Falatehan dalam bidang Kesehatan dan Lingkungan.

Speak Your Mind

*